Sabtu 16 Jan 2021 20:03 WIB

Komite WHO Tolak Vaksin Covid-19 Jadi Syarat Paspor

Ketua program darurat kelompok mengatakan keputusan dibuat karena kurangnya bukti

Red: Nur Aini
WHO merekomendasikan negara-negara tidak memerlukan bukti vaksinasi dari pelancong
WHO merekomendasikan negara-negara tidak memerlukan bukti vaksinasi dari pelancong

 

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Komite darurat utama dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada Jumat (16/1) bahwa kurangnya data tentang keamanan vaksin merupakan hambatan untuk memastikan pasokan vaksin global yang cepat dan adil dan direkomendasikan terhadap negara-negara yang mengeluarkan paspor vaksin.

Baca Juga

"Jika Anda melihat rekomendasi yang dibuat oleh komite seputar vaksinasi untuk pelancong, dikatakan saat ini bahwa komite tidak merekomendasikan termasuk persyaratan bukti vaksinasi untuk perjalanan internasional," kata Dr. Mike Ryan, kepala program darurat WHO.

"Bukan karena itu ide yang bagus di masa depan, tetapi karena kami kekurangan bukti penting mengenai apakah orang-orang ini divaksinasi atau tidak, terus terpengaruh atau terus menularkan penyakit," tambah dia.

WHO merekomendasikan negara-negara tidak memerlukan bukti vaksinasi dari pelancong yang masuk tetapi menyarankan negara-negara untuk menerapkan langkah-langkah berbasis bukti terkoordinasi untuk perjalanan yang aman dan untuk berbagi dengan pengalaman WHO dan praktik terbaik yang dipelajari.

"Petugas kesehatan kelelahan, sistem kesehatan tegang, dan kami melihat pasokan oksigen sangat rendah di beberapa negara," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Ghebreyesus.  

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/komite-who-tolak-paspor-vaksin-cocid-19/2112096
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement