Sabtu 16 Jan 2021 19:34 WIB

Moyes: Keputusan Rooney Pensiun dan Jadi Pelatih Sudah Tepat

Moyes adalah sosok yang mengorbitkan Rooney saat berusia 16 tahun.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
David Moyes ketika masih di Everton dan Wayne Rooney saat masih jadi pemain MU.
Foto: guardian.co.uk
David Moyes ketika masih di Everton dan Wayne Rooney saat masih jadi pemain MU.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON --David Moyes bicara soal pensiunnya Wayne Rooney sebagai pesepak bola, dan jadi pelatih tetap di Derby County. Manajer West Ham itu mengaku sudah mengenal Rooney sejak masih pemain muda dan anak-anak. 

Moyes merupakan pelatih yang mengorbitkan Rooney saat masih jadi pelatih Everton. Ia kemudian kembali reuni dengan pemain No. 10 itu saat bergabung ke Manchester United pada 2013.

Oleh karena itu, tidak aneh Moyes menyebut Rooney adalah pemain yang luar biasa. Moyes kagum dengan kemampuan sosok yang akrab disapa Wazza itu sebagai anak muda dan apa yang bisa dilakukannya sejak usia 16 tahun. 

''Dia mendapatkan debutnya dan terus melanjutkannya, dan menjadi pencetak gol terbanyak Manchester United, pencetak gol terbanyak Inggris, jadi dia memiliki karier yang luar biasa,'' kata Moyes, dikutip dari laman resmi West Ham, Sabtu (16/1).

Menurut Moyes, keputusan Rooney untuk pensiun sudah tepat, karena menganggap mantan pemain DC United itu sudah melihat masa depan dalam kariernya sebagai manajer. Walaupun Moyes menganggap pemain terbaik tidak selalu sukses jadi pelatih terbaik. Namun, kecintaan Rooney pada sepak bola, semangat dan sikapnya, bisa memberikan kesuksesan untuk mantan kapten MU tersebut.

Meski demikian Moyes tidak ingin memberikan masukan untuk Rooney. Menurutnya, jika melihat kariernya sendiri saat berhenti bermain dan jadi pelatih, dirinya akan mencari masukam dan bantuan saat membutuhkannya. 

''Tapi jadilah diri sendiri dan Wayne pasti bisa seperti itu. Dia akan memasuki dunia yang sama sekali berbeda sekarang,'' kata Moyes.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement