Sabtu 16 Jan 2021 11:13 WIB

Berakhirnya Periode Khilafah Nubuwwah

Nabi Muhammad menyampaikan kekhalifahan berlangsung 30 tahun.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Berakhirnya Periode Khilafah Nubuwwah.
Foto: saharamet.org
Berakhirnya Periode Khilafah Nubuwwah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seiring dengan pengunduran diri cucu Rasulullah SAW, al-Hasan, sebagai khalifah, berakhir sudah masa khilafah nubuwwah (kepemimpinan nabawi). Hal itu ditandai oleh pembaiatannya terhadap Mu'awiyah.

Ini juga dikenal khilafah rasyidah (kepemimpinan yang mendapat petunjuk), yang berlangsung selama 30 tahun sebagaimana dijanjikan Rasulullah SAW. Dikutip dari buku Hasan dan Husain the Untold Story karya Sayyid Hasan al-Husaini, Sejak pertama kali dibai'at, al-Hasan menjadi khalifah bagi Hijaz, Yaman, Irak, dan wilayah lainnya selama kurang lebih tujuh bulan.

Baca Juga

Ada juga yang mengatakan selama delapan bulan atau enam bulan. Meski terbilang singkat, masa kekhalifahan ini dikategorikan sebagai khilafah rasyidah.

Karena, kurun waktu kekhalifahan itu menggenapkan masa kekhalifahan sebelumnya hingga menjadi 30 tahun, persis seperti yang disampaikan Nabi. Setelah itu, pemerintahan pun berganti menjadi sistem kerajaan.

Nabi SAW bersabda: 

الخلافة في أمتي ثلاثون سنة، ثم ملك بعد ذلك

"Kekhalifahan di tengah umatku berlangsung selama tiga puluh tahun, setelah itu muncullah (sistem) kerajaan," (HR Tirmidzi).

BACA JUGA: Utang Luar Negeri Indonesia Membengkak Ribuan Triliun Rupiah? Ini Fakta-Fakta Terbarunya

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement