Friday, 14 Rajab 1442 / 26 February 2021

Friday, 14 Rajab 1442 / 26 February 2021

Tips Jaga Kulit Wajah Tetap Segar

Sabtu 16 Jan 2021 09:20 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah

Karantina membuat sebagian orang mungkin kurang menjaga kesehatan kulit wajah (Foto: ilustrasi)

Karantina membuat sebagian orang mungkin kurang menjaga kesehatan kulit wajah (Foto: ilustrasi)

Foto: www.freepik.com
Karantina membuat sebagian orang mungkin kurang menjaga kesehatan kulit wajah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Karantina membuat sebagian orang mungkin kurang menjaga kesehatan kulit, khususnya wajah. Padahal, menjaga kesegaran kulit wajah sangat disarankan karena kerap menjadi sorotan.

Salah satu bagian wajah yang juga kerap diperhatikan adalah bagian mata. Biasanya, mata yang lelah akan memberikan kesan kulit wajah tidak segar.

Untuk menjaga kesegaran kulit wajah, berikut tips yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah, dilansir dari laman mindbodygreen, Sabtu (16/1).

Baca Juga

 

Gunakan kafein
Banyak ahli kulit memuji khasiat kafein untuk menyegarkan kulit. Kafein mampu mencerahkan kulit, hingga menjaganya tetap kencang.

"Antioksidan dalam kafein adalah bahan yang mencerahkan," ujar dokter kulit bersertifikat Loretta Ciraldo, MD, FAAD.

Kafein memiliki manfaat antioksidan yang dapat membantu mencerahkan kulit. Kafein juga merupakan vasokonstriktor yang dapat menekan pembuluh darah di kulit, sehingga dapat membantu mengurangi kemerahan dan peradangan.

"Itu sebabnya lotion teh hijau yang digunakan di bawah mata bisa membantu mengatasi bengkak," tambah Ciraldo.

Ciraldo memberikan cara lain untuk memanfaatkan teh hijau untuk mengatasi pembengkakan pada bawah mata. Ambil beberapa kantong teh hijau yang dibasahi dan letakkan di bawah mata untuk efek menenangkan.

Kita bahkan dapat mendinginkannya sedikit di lemari es. Sebab, suhu yang lebih dingin juga membantu menyempitkan pembuluh darah di kulit.

Konsumsi suplemen untuk mendukung peremajaan sel
Secara teknis, penyebab wajah terlihat lelah adalah karena kulit mengalami proses regeneratif besar saat tidur. Proses itu merupakan proses membangun kembali jaringan tubuh, dan meningkatkan produksi sel untuk menggantikan sel yang rusak sepanjang hari. Jadi, jika kita tidak cukup tidur, sel kulit kita tidak beregenerasi selama proses pemulihan ini.

Artinya, kita perlu mendorong proses regeneratif saat tidur. Caranya adalah dengan menggunakan bahan aktif suplemen nicotinamide riboside (NR) yang berubah menjadi nicotinamide adenine dinucleotide (NAD) ketika diserap oleh tubuh. Kandungannya mendukung mitokondria sel kita. Inilah yang memberi energi sel dan mendukung proses regenerasi.

Selain itu, formulanya juga memiliki antioksidan kuat astaxanthin dan rhodiola untuk lebih menetralkan stres oksidatif. Zat ini membantu kulit terlihat lebih cerah dan terjaga lama.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA