Sabtu 16 Jan 2021 08:21 WIB

10 Manfaat Makan Apel Setiap Hari

Mirip dengan makan pisang, mengonsumsi apel setiap hari juga baik bagi tubuh.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Mirip dengan makan pisang, mengonsumsi apel setiap hari juga baik bagi tubuh (Foto: ilustrasi)
Foto: Pxhere
Mirip dengan makan pisang, mengonsumsi apel setiap hari juga baik bagi tubuh (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mirip dengan makan pisang, manfaat mengonsumsi apel setiap hari juga berdampak baik bagi kesehatan tubuh. Namun, manfaat akan didapat apabila mengonsumsinya secara teratur.

Beberapa manfaat makan apel mungkin sudah banyak diketahui. Akan tetapi, ada beberapa dampak positif lain yang bisa didapatkan dari apel, yang jarang diketahui.

Baca Juga

Berikut 10 efek positif dari konsumsi rutin apel, dilansir laman Eat This, Sabtu (16/1).

Mengelola berat badan

Apel membuat  orang merasa kenyang lebih lama karena kandungan serat dan air di dalamnya. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Appetite, orang yang makan apel sebelum makan merasa lebih kenyang.

Mereka cenderung makan rata-rata 200 kalori lebih sedikit daripada mereka yang tidak makan irisan apel. Itu pertanda baik bagi yang ingin mencoba menurunkan berat badan.

Tingkatkan kesehatan neurologis

Tak ada salahnya mencoba olahan selai kacang apel. Meskipun penelitian sejauh ini hanya dilakukan pada hewan, hasilnya juga menjanjikan bagi manusia. Sebuah studi tahun 2019 pada tikus yang diterbitkan dalam Clinical Nutrition Experimental menemukan hubungan antara quercetin yang ditemukan dalam apel, dan efek neuroprotektifnya pada pikiran.

Untuk kekebalan tubuh

Makan apel juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan. Ini adalah sesuatu yang sangat penting terlebih di masa pandemi seperti sekarang. Kandungan quercetin dalam kulit apel, tidak hanya bekerja untuk memperkuat sistem kekebalan, tetapi juga mengurangi peradangan.

Kurangi risiko sakit jantung

Meskipin apel tidak dikenal karena khasiatnya yang menyehatkan jantung, namun manfaatnya tetap luar biasa. Apel tidak hanya terbukti menurunkan risiko penyakit jantung, tetapi flavonoid yang ditemukan dalam apel juga dikaitkan dengan risiko stroke 20 persen lebih rendah. Apel mengandung serat larut, yang membantu menurunkan kolesterol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement