Saturday, 22 Rajab 1442 / 06 March 2021

Saturday, 22 Rajab 1442 / 06 March 2021

Pakai Dua Masker Sekaligus, Bisakah Lebih Melindungi?

Sabtu 16 Jan 2021 05:55 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Sebagian orang pakai dua masker sekaligus dengan harapan bisa lebih terlindungi (Foto: ilustrasi)

Sebagian orang pakai dua masker sekaligus dengan harapan bisa lebih terlindungi (Foto: ilustrasi)

Foto: www.freepik.com
Sebagian orang pakai dua masker sekaligus dengan harapan bisa lebih terlindungi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggunaan masker dapat menurunkan risiko penularan Covid-19 di masa pandemi ini. Meski kebanyakan orang hanya menggunakan satu masker, sebagian memilih menggunakan dua masker sekaligus dengan harapan bisa mendapatkan perlindungan yang lebih baik.

Efektivitas perlindungan masker sangat bergantung pada beberapa hal, khususnya jenis masker itu sendiri. Masker medis misalnya, dapat memberikan perlindungan yang lebih baik dibandingkan masker kain.

Sebuah studi berskala kecil telah dilakukan untuk mengetahui apakah penggunaan dua masker sekaligus dapat memberikan manfaat yang lebih besar. Berdasarkan studi ini, penggunaan dua masker sekaligus bisa bermanfaat ketika masker dengan fungsi perlindungan yang lebih tinggi tak tersedia.

"Menggunakan dua masker mungkin sebuah ide yang masuk akal bila kapabilitas filtrasi masker tersebut tidak begitu kuat," ujar peneliti Scott Segal MD, seperti dilansir Health, Jumat (15/1).

Terkait masker kain, studi lebih lanjut yang dilakukan Segal juga menunjukkan bahwa masker kain yang terdiri dari dua lapis dapat menyaring partikel virus dengan lebih baik dibandingkan masker kain satu lapis. Penggunaan dua lapis bahan kain yang kurang efektif akan lebih baik dibandingkan hanya satu lapis.

Ahli penyakit menular Amesh Adalja MD mengatakan efektivitas penggunaan dua masker sekaligus sangat bergantung pada material masker yang digunakan. Penggunaan dua masker sekaligus cenderung lebih cocok bila jenis masker yang digunakan memiliki kualitas yang kurang baik.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA