Jumat 15 Jan 2021 21:25 WIB

Sepuluh Tahun Memimpin Perdana Menteri Belanda Mundur

Perdana Menteri Mark Rutte dari Belanda meletakan jabatan

Perdana Menteri Mark Rutte berbicara di depan awak media dari Belanda di Den Haag pada hari Jumat (15/1).
Foto: The New York Times
Perdana Menteri Mark Rutte berbicara di depan awak media dari Belanda di Den Haag pada hari Jumat (15/1).

REPUBLIKA.CO.ID, Perdana Menteri Mark Rutte dari Belanda, salah satu pemimpin terlama di Eropa, dan kabinetnya mengundurkan diri pada hari Jumat (15/1). Penyebab mundurnya karena ada laporan yang menyoroti kegagalan sistemik oleh pemerintahnya untuk melindungi ribuan keluarga dari inspektur pajak yang terlalu bersemangat.

Seperti dilasir The New York Times, Rutte telah menyerahkan pengunduran dirinya dan seluruh kabinetnya kepada Raja Willem-Alexander van Oranje, lapor penyiar publik NOS.

“Kesalahan telah dibuat di semua tingkatan yang menyebabkan ketidakadilan besar bagi ribuan keluarga. Orang yang tidak bersalah telah dikriminalisasi, dan hidup mereka dihancurkan ”kata Rutte dalam konferensi pers. Kabinet ini telah mengambil tanggung jawab penuh. Mr Rutte mengatakan laporan yang menyebabkan jatuhnya kabinet sekeras paku, tapi "adil."

Laporan tersebut, hasil dari penyelidikan yang juga diinterogasi oleh Mr. Rutte, menyimpulkan bahwa “ketidakadilan yang belum pernah terjadi sebelumnya” telah dilakukan terhadap keluarga yang tidak bersalah, beberapa di antaranya dipaksa untuk segera membayar kembali sejumlah besar tunjangan penitipan anak.

Dalam banyak kasus, kesalahan administratif seperti tanda tangan yang hilang sudah cukup bagi otoritas pajak untuk mencap orang tua sebagai penipu dan keluarga baik-baik saja sebanyak puluhan ribu euro, kata laporan itu.

"Prinsip-prinsip fundamental dari negara hukum telah dilanggar," simpulnya, mengecam baik pemerintah dan Parlemen karena menciptakan "undang-undang sekeras batu" dengan sedikit ruang untuk mempertimbangkan kasus-kasus individual secara adil.

Rutte dan kabinetnya akan terus menjalankan pemerintahan dalam kapasitas sebagai pengurus, dengan pemilihan umum sudah dijadwalkan pada bulan Maret.

Partai kanan tengahnya saat ini memimpin dalam pemilihan, dan partai-partai lain dalam koalisinya, yang juga tersentuh oleh skandal itu, diperkirakan tidak akan mengadakan pemilihan lebih awal karena pandemi virus corona.

Rutte telah menjalani masa jabatan ketiganya sebagai perdana menteri dan telah memimpin Belanda sejak 2010. Jika partainya kembali mendapatkan suara terbesar dalam pemilihan mendatang, ia dapat menjalani masa jabatan keempat.

Ketua komite parlemen yang memimpin penyelidikan, Chris van Dam, mengatakan sistem yang dibuat untuk melacak penipuan manfaat adalah "proses massal tanpa ruang untuk nuansa."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement