Sabtu 16 Jan 2021 00:47 WIB

Sudah Divaksin, Mengapa Kumpul-Kumpul Tetap tak Aman?

Vaksinasi Covid-19 massal sudah bergulir di Indonesia sejak Rabu (15/1).

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Artis Raffi Ahmad disuntik vaksin Covid-19 usai Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakpus, Rabu (13/1).
Foto: Setkab
Artis Raffi Ahmad disuntik vaksin Covid-19 usai Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakpus, Rabu (13/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Berbagai negara, seperti Amerika Serikat dan Indonesia, telah memulai vaksinasi Covid-19. Di AS banyak pekerja medis dan staf di fasilitas kesehatan yang telah menerima vaksin dari Pfizer-BioNTech dan yang dikembangkan Moderna.

Di Indonesia, program vaksinasi massal telah dimulai sejak Rabu (13/1) pagi. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi pertama di Indonesia yang divaksin Covid-19 dengan menggunakan satu-satunya vaksin yang tersedia saat ini, yakni CoronaVax yang dikembangkan Sinovac.

Baca Juga

Hari itu, selebritas Raffi Ahmad juga turut berada dalam daftar orang yang paling dulu divaksin. Hanya saja, malam harinya, ia kedapatan menghadiri pesta dan berfoto tanpa mengenakan masker.

Vaksinasi akan menyasar lebih banyak populasi, dengan dilakukan secara bertahap. Namun, seiring vaksinasi yang telah lama ditunggu, pertanyaan penting kemudian adalah setelah menerima suntikan vaksin, yakni amankah bertemu teman dan keluarga tanpa protokol kesehatan, terutama jika teman dan keluarga belum divaksin?

Baik vaksin Pfizer dan Moderna memerlukan dua dosis suntikan, untuk mencapai klaim kemanjuran 90 persen dalam mencegah infeksi bergejala dari virus. Perlu diperhatikan kata kuncinya di sana hanya “infeksi bergejala”.

Sementara itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengatakan, vaksin CoronaVac menunjukkan kemampuan pembentukan antibodi di dalam tubuh dan antibodi tersebut dapat menetralkan virus. CoronaVax memiliki efikasi 65,3 persen.

Dosis kedua CoronaVax harus diberikan 14 hari setelah penyuntikan pertama. Nantinya, Indonesia juga akan memakai vaksin Moderna, Pfizer-BioNTech, Sinopharm, AstraZeneca, dan tentunya PT Bio Farma (Persero).

"Kami belum tahu tentang penyebaran infeksi tanpa gejala (setelah vaksinasi). Studi sedang dilakukan dan saya kira, kita akan tahu jawabannya dalam beberapa bulan ke depan," kata kepala petugas medis dari situs web perawatan kesehatan WebMD, John Whyte, seperti dikutip dari Fox News pada Kamis (14/1).

Meskipun Pfizer dan Moderna menyatakan bahwa vaksin mereka 95 persen efektif dalam mencegah seseorang terkena gejala Covid-19, hingga saat ini tidak banyak bukti apakah vaksin ini akan menghentikan infeksi dan penularan Covid-19 tanpa gejala. Ini penting diwaspadai, mengingat penularan virus dari orang yang tak bergejala menyumbang lebih dari setengah kasus Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement