Jumat 15 Jan 2021 15:10 WIB

Chile Tetap Yakin dengan Kemampuan Vaksin Sinovac

Vaksin akan memenuhi tujuan kritisnya jika membantu mengurangi gejala parah

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Vaksin untuk COVID-19 ditampilkan selama kunjungan ke pabrik vaksin SinoVac di Beijing.
Foto: AP Photo / Ng Han Guan
Vaksin untuk COVID-19 ditampilkan selama kunjungan ke pabrik vaksin SinoVac di Beijing.

REPUBLIKA.CO.ID, SANTIAGO - Pihak berwenang Chile mengatakan pada Kamis (14/1) bahwa mereka tetap yakin dengan vaksin yang dikembangkan oleh Sinovac China. Sikap ini diambil meskipun ada kegelisahan di tempat lain setelah para peneliti di Brasil mengakui kemanjurannya lebih rendah dari yang disarankan semula.

Rodrigo Yanez, wakil menteri perdagangan Chile yang ditugaskan atas pengadaan vaksin Covid-19 untuk negara tersebut, mengatakan regulator kesehatan Chile sedang menilai semua data yang tersedia dan akan mengumumkan keputusannya tentang peluncuran darurat untuk inokulasi. Dia mengatakan vaksin akan memenuhi tujuan kritisnya jika membantu mengurangi gejala parah, rawat inap, dan kematian.

Baca Juga

Pekan ini, para peneliti di Brasil merilis data klinis uji coba tahap akhir yang menunjukkan vaksin Sinovac 50,4 persen efektif dalam mencegah infeksi gejala, termasuk kasus "sangat ringan". Pekan sebelumnya para peneliti di Brasil mengatakan vaksin, yang disebut CoronaVac, menunjukkan kemanjuran 78 persen terhadap kasus "ringan hingga berat".

"Angka-angka di Brasil bagus meskipun bisa menyesatkan dalam hal fokus hanya pada 50 persen karena targetnya adalah untuk menghindari orang memenuhi rumah sakit dan kematian," katanya kepada Reuters dalam wawancara telepon.

"Ini seharusnya sangat efektif dengan gejala penyakit yang lebih parah, asalkan data klinis mendukung apa yang diumumkan pekan ini," imbuhnya.

Chile membayar 3,5 juta dolar AS atau sekitar Rp 49 miliar untuk menjadi tuan rumah uji klinis vaksin. Chile juga telah memerintahkan 60 juta dosis untuk diberikan kepada 18 juta populasi selama tiga tahun.

Regulator negara itu mengirim dua inspektur ke pabrik Sinovac di Beijing pada November menjelang kedatangan dosis pertama yang diharapkan tiba di Chile pada pertengahan Januari. Chile telah mulai memvaksinasi petugas kesehatannya menggunakan suntikan yang dikembangkan Pfizer Inc dan regulatornya juga sedang mempertimbangkan persetujuan AstraZeneca untuk penggunaan darurat.

Berita kemanjuran Brasil yang mengecewakan mendorong Malaysia dan Singapura, yang juga memiliki perjanjian pembelian dengan Sinovac, mengatakan pada Rabu bahwa mereka akan mencari lebih banyak data dari perusahaan China itu tentang tingkat kemanjuran sebelum mereka menyetujui dan membeli persediaan.

Namun kampanye vaksinasi Sinovac sudah berlangsung di Indonesia dan Turki. Presiden Turki Tayyip Erdogan menerima suntikan pada Kamis.

Yanez mengatakan kepada Reuters bahwa Institut Kesehatan Masyarakat Chile akan melihat data dari Brasil serta Turki dan Indonesia, yang melaporkan kemanjuran masing-masing 91,25 persen dan 65,3 persen berdasarkan data uji coba sementara.

Dia mengatakan vaksin Sinovac bukan satu-satunya yang menimbulkan keraguan. Para ahli di Australia yang telah mempertanyakan apakah kekebalan kelompok dapat dicapai dari kemanjuran 62 persen yang dilaporkan untuk vaksin AstraZeneca.

“Vaksin flu biasa efektif antara 50 persen dan 60 persen. kami menjalankan kampanye vaksinasi besar-besaran dengan tingkat kemanjuran seperti itu,” katanya.

“Kami berada dalam posisi di mana kami harus menghentikan dampak yang lebih parah dari Covid-19. Sejauh ini tidak ada vaksin yang mampu membuktikan bahwa vaksin itu juga menghentikan penyebaran infeksi. Pada akhirnya semuanya kurang efisien dalam membantu Anda menghindari dampak pandemi," kata dia.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement