Jumat 15 Jan 2021 15:32 WIB

Polusi Cahaya Picu Dampak Negatif Lingkungan dan Kesehatan

Para ilmuwan memperkirakan, planet Bumi menjadi lebih terang 2 persen setiap tahunnya

Lintasan sinar lampu mobil berpadu dengan lansekap kota malam hari di salah satu sudut kota Jakarta.
Foto: Prayogi/Republika
Lintasan sinar lampu mobil berpadu dengan lansekap kota malam hari di salah satu sudut kota Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penemuan cahaya buatan merevolusi kehidupan manusia di Bumi. Sekarang, ketika malam hari makin terang, dammpak negatifnya pada lingkungan dan kesehatan makin kentara.

Penemuan penerangan buatan dengan listrik pada abad 19 adalah revolusi bagi umat manusia. Satu abad kemudian cahaya buatan itu sudah merambah ke semua segi kehidupan di seluruh dunia.

Baca Juga

Sekarang ini, sangat sulit dibayangkan kehidupan tanpa lampu listrik. Sekitar 80 persen manusia, kini hidup di bawah langit yang terpolusi cahaya buatan. Bahkan di Singapura, warganya tidak bisa lagi beradaptasi dengan gelapnya malam.

"Cahaya buatan di malam hari, adalah rekayasa paling dramatis yang sejauh ini kita lakukan terhadap biosfer," kata Dr. Christopher Kyba, pakar geoinformatika di lembaga penelitian kebumian Geo Forschungs Zentrum di Potsdam kepada DW.

Dia mengatakan, sepanjang evolusi selalu ada sinyal yang konstan datang dari lingkungan. "Ini siang hari. Ini malam hari. Ini saat bulan purnama. Di kawasan yang mengalami polusi cahaya sangat parah, sinyal ini berubah secara dramatis", kata Dr. Kyba lebih lanjut.

Para ilmuwan memperkirakan, planet Bumi menjadi lebih terang 2 persen setiap tahunnya. Konsekuensi dari pertumbuhan cemaran cahaya ini juga makin kentara.

sumber : DW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement