Jumat 15 Jan 2021 14:04 WIB

Pemkot Sorong Tunda Penyuntikan Vaksin

Penyuntikan vaksin akan digelar pada Februari 2021.

Vaksinator bersiap untuk melakukan vaksinasi Covid-19.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Vaksinator bersiap untuk melakukan vaksinasi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, SORONG -- Pemerintah kota Sorong, Provinsi Papua Barat, menunda pelaksanaan penyuntikan vaksin Covid-19. Sedianya penyuntikan diakukan pada 14 Januari, namun diundur hingga awal Februari 2021.

Wali Kota Lambert Jitmau di Sorong, Kamis, mengatakan bahwa Pemerintah Kota Sorong telah menerima hasil Covid-19 dari pemerintah Provinsi Papua Barat ada 2.600 dosis. Vaksin Covid-19 tersebut telah disimpan di gudang farmasi Dinas kesehatan Kota Sorong dengan aman.

Baca Juga

Menurut dia, berdasarkan rapat koordinasi dengan seluruh forkopimda dan tokoh masyarakat penyuntikan vaksin yang dijadwalkan 14 dan 15 Januari ditunda hingga awal Februari 2021 untuk dilakukan sosialisasi.

Selain sosialisasi kepada masyarakat juga butuh kesiapan tim dengan baik guna melakukan penyuntikan vaksin agar berjalan dengan lancar.

"Tidak bisa setelah vaksin tiba langsung disuntik, tetapi harus dilakukan sosialisasi serta memberikan informasi dengan baik kepada masyarakat supaya tidak terjadi pro dan kontra," ujarnya.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Provinsi Papua Barat, Edi Sunandar dalam keterangan terpisah, mengatakan kebijakan penundaan penyuntikan vaksin dikembalikan kepada pemerintah daerah masing-masing.

Namun secara fungsi dan khasiat vaksin bisa bertahan lama di ruang instalasi farmasi yang dimiliki Dinkes Kota Sorong dengan suhu antara 2-8 derajat celcius.

"Gudang penyimpanan vaksin COVID-19 di kota Sorong aman sehingga awal Februari 2021 baru dilakukan penyuntikan tetap aman," tambah dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement