Friday, 21 Rajab 1442 / 05 March 2021

Friday, 21 Rajab 1442 / 05 March 2021

Kim Jong-un Pamer Rudal Balistik Baru: Paling Kuat di Dunia

Sabtu 16 Jan 2021 16:29 WIB

Rep: deutsche welle/ Red: deutsche welle

Yonhap/AP/picture alliance

Yonhap/AP/picture alliance

Rudal yang bisa diluncurkan dari kapal selam dipamerkan pada parade militer

Korea Utara menunjukkan sebuah senjata baru yang tampak seperti rudal balistik yang bisa diluncurkan dari kapal selam (SLBM) pada sebuah parade militer yang berlangsung di ibu kota Pyongyang pada Kamis malam (14/01), media pemerintah setempat melaporkan.

Pawai tersebut menandai berakhirnya kongres Partai Buruh. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menghadiri parade militer tersebut di Lapangan Kim Il Sung, Pyongyang.

Barisan tentara terlihat ikut serta dalam pawai. Ada berbagai kendaraan militer termasuk tank dan peluncur roket juga dipamerkan. Analis mengidentifikasi ada model baru rudal balistik jarak pendek, selain versi peluncuran kapal selam.

Seperti apa rudal balistik terbaru?

Gambar yang dirilis oleh media pemerintah setempat menunjukkan setidaknya empat rudal dengan kerucut hitam-putih didorong melewati kerumunan warga yang mengibarkan bendera di pinggir jalan.

Analis menilai rudal - yang dapat diluncurkan dari kapal selam - diberi label Pukguksong-5 merupakan senjata versi terbaru dari Pukguksong-4 yang diluncurkan pada parade militer yang lebih besar pada bulan Oktober lalu.

"Rudal baru pasti terlihat lebih panjang," kata Michael Duitsman, seorang peneliti di James Martin Center for Nonproliferation Studies (CNS) yang berbasis di California, Amerika Serikat.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan deutsche welle. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab deutsche welle.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA