Senin 18 Jan 2021 03:40 WIB

Baik dan Buruk Kayu Manis Bagi Kesehatan

Kayu manis punya banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, namun efek buruknya juga ada.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Selain untuk bumbu masakan, kayu manis sering dicampur ke dalam kopi (Foto Kayumanis/Cinnamon)
Foto: Public Domain Pictures
Selain untuk bumbu masakan, kayu manis sering dicampur ke dalam kopi (Foto Kayumanis/Cinnamon)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kayu manis merupakan salah satu rempah yang sudah cukup familiar di Indonesia. Kayu manis bisa digunakan dalam hidangan manis maupun gurih, semisal roti gulung, kue kering, roti pisang, omelet, hingga semur.

Kayu manis memiliki banyak khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh. Sebuah studi menunjukkan bahwa kayu manis mengandung antimikroba, antiinflamasi, antidiabetik, antikanker, penurun lipid, dan manfaat kesehatan penting lainnya.

Baca Juga

Kayu manis juga dikatakan membantu menurunkan berat badan dan jerawat. Namun, beberapa orang alergi terhadap kayu manis atau mengalami iritasi kulit dan mulut saat mengonsumsinya.

Jika terjadi iritasi, setop mengonsumsi kayu manis.  Selain itu, coumarin, bahan yang ditemukan di beberapa produk kayu manis dapat menyebabkan masalah hati jika dimakan dalam jumlah banyak.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh mengenai kayu manis, berikut baik-buruknya konsumsi kayu manis, seperti dilansir laman Today pada Jumat (15/1).

1. Kayu manis bagi penderita diabetes

Kayu manis memang memiliki efek signifikan pada gula darah. Pengidap diabetes yang minum obat untuk mengontrol gula darahnya harus menghindari konsumsi kayu manis dalam jumlah besar.

Sementara itu, penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat menurunkan gula darah serta menurunkan kadar kolesterol pada penderita diabetes. Hanya saja, tidak jelas berapa takaran kayu manis yang tepat.

Yang pasti, mengonsumsi terlalu banyak kayu manis dapat memiliki efek buruk, seperti menurunkan gula darah terlalu banyak. Karenanya konsultasikan dengan ahli kesehatan sebelum mengonsumsi kayu manis dalam dosis besar sebagai suplemen ya!

2. Kayu manis dan penurun berat badan

Anda mungkin pernah membaca artikel yang menggembar-gemborkan khasiat kayu manis untuk membantu menurunkan berat badan. Meskipun benar bahwa rempah-rempah dapat membantu menurunkan glukosa darah dan membantu mengurangi gula tambahan, namun ini tidak dapat menurunkan berat badan secara instan.

Di lain sisi, satu sendok teh kayu manis bisa memberikan 1 gram serat. Itu jadi keuntungan lain bagi siapa saja yang ingin membakar lemak di lingkar pinggang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement