Jumat 15 Jan 2021 09:13 WIB

Kalah Sengketa Paten Merek, Bentley Hancurkan Merchandise

Setelah kalah banding, Bentley Motors diminta menghancurkan logo Bentley.

Rep: idealisa masyrafina/ Red: Hiru Muhammad
Bentley
Foto: mycarlogos
Bentley

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Pabrikan mobil mewah Bentley Motors telah diperintahkan untuk menghancurkan berbagai barang dagangan pakaian setelah kalah dalam pertarungan merek dagang dengan perusahaan mode bernama sama.

Pada 2019, Pengadilan Tinggi memutuskan Bentley Motors telah melanggar merek dagang Bentley Clothing yang berbasis di Manchester. Itu berarti perusahaan mobil tidak dapat menggunakan nama Bentley pada merchandise pakaian Inggrisnya.

Sekarang, setelah kalah banding atas putusan tersebut, pabrikan mobil tersebut telah diberitahu untuk menghancurkan pakaian yang menampilkan logo Bentley pada 3 Februari.

Putusan tahun 2019 berarti Bentley Motors tidak lagi dapat menggunakan nama tersebut, baik sendiri atau dalam hubungannya dengan logo khasnya, pada rangkaian pakaiannya di Inggris."Perusahaan juga harus membatasi jangkauannya di masa depan untuk jaket, dasi sutra, topi dan syal," pengadilan memutuskan, dilansir di BBC, Jumat (15/1).

Direktur Bentley Clothing, Christopher Lees, mengatakan perusahaan senang masalah tersebut telah diselesaikan. "Kami mencoba untuk bersikap sangat masuk akal tetapi tidak membawa hasil. Mereka berusaha mencabut hak kami sehingga bisnis kami benar-benar menderita," kata Lees.

"Tapi sekarang, akhirnya, sepertinya kita akhirnya bisa maju." tambahnya. Peritel pakaian ini didirikan pada tahun 1962 oleh pengusaha Gerald Bentley, dan kemudian dibeli oleh keluarga Lees pada tahun 1990.

Sengketa bermula ketika perusahaan tersebut mendekati Bentley Motors pada 1998 tentang bentrokan merek, dan tindakan Pengadilan Tinggi diluncurkan pada 2017 setelah negosiasi bertahun-tahun.

Bentley Motors melakukan upaya yang gagal untuk membatalkan merek dagang Bentley dari perusahaan pakaian tersebut, yang telah dipegangnya sejak 1982, di Kantor Kekayaan Intelektual Inggris. Pabrikan mobil tersebut mengatakan sangat kecewa tetapi sepenuhnya menghormati keputusan tersebut.

Ia juga mengatakan Bentley Clothing telah menolak permintaan mereka untuk menyumbangkan saham tersebut ke badan amal setelah menghapus branding Bentley, menggambarkan langkah tersebut sebagai rasa malu yang besar di saat yang sangat membutuhkan.

Namun, Direktur Bentley Clothing, Lees mengatakan meskipun mungkin untuk menghapus label leher dari sebagian besar pakaian tanpa merusaknya, tidak mungkin untuk menghilangkan branding dari dalam kain produk. "Saya yakin badan amal tidak akan berterima kasih atas pakaian yang berlubang," kata Lees.

Pada puncaknya, grup pakaian Lees mempekerjakan 400 staf dan memiliki pabrik di Wigan, Stretford, Rusholme, Ripponden, dekat Halifax dan Ashton-under-Lyne. Perusahaan telah memasok pakaian ke merek-merek seperti Burberry dan Aquascutum. Bentley Motors milik Volkswagen memiliki pabrik di Crewe, Cheshire. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement