Jumat 15 Jan 2021 06:24 WIB

Satgas Pastikan Ketersediaan Alkes dan Vaksin di Daerah

Satgas memastikan ketersediaan pasokan alkes dan vaksin di daerah

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Vaksinator menunjukkan vaksin Covid-19 Sinovac
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Vaksinator menunjukkan vaksin Covid-19 Sinovac

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satgas Penanganan Covid-19 memastikan ketersediaan alat material kesehatan (almatkes) tercukupi dalam penanganan pandemi dan pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 di berbagai daerah.

Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, Satgas telah berkerja sama dengan Kementerian Perindustrian dan produsen almatkes dalam negeri untuk memastikan ketersediaan pasokan alat material kesehatan di berbagai fasilitas kesehatan.

"Saat ini kita tidak melihat adanya kekurangan," kata Wiku saat International Media Briefing di Jakarta.

Pemerintah bekerja sama dengan pemerintah daerah, serta TNI Polri untuk memastikan distribusi alat kesehatan dan juga vaksin ke berbagai daerah berjalan lancar. Termasuk jaringan rantai dingin atau cold chain yang menjaga suhu vaksin selama pendistribusian sehingga vaksin tidak akan rusak hingga sampai ke penerimanya.

 

Wiku menegaskan, untuk menekan angka penularan, pemerintah terus meminta masyarakat menerapkan protokol kesehatan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan.

Selain itu, upaya 3T yaitu tracing (pemeriksaan), tracing (pelacakan) dan treatment (perawatan) terhadap penderita Covid-19 pun terus ditingkatkan. Saat ini, kata dia, pemerintah juga tengah menjalankan kebijakan Pelaksaanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPMK) di Pulau Jawa - Bali melalui instruksi Menteri Dalam Negeri No. 1 Tahun 2021.

"Pemerintah daerah yang masuk peta zona merah diinstruksikan untuk membatasi kegiatan masyarakat melalui peraturan daerahnya yang disesuaikan kebutuhan masing-masing daerah," lanjutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement