Thursday, 8 Jumadil Akhir 1442 / 21 January 2021

Thursday, 8 Jumadil Akhir 1442 / 21 January 2021

5 Hal yang Terjadi Saat Mengonsumsi Overnight Oat

Kamis 14 Jan 2021 20:30 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti

Overnight oat memiliki beragam manfaat untuk kesehatan (ilustrasi).

Overnight oat memiliki beragam manfaat untuk kesehatan (ilustrasi).

Foto: Flickr
Sebelum disantap, oat dicampurkan dengan cairan selama semalaman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Overnight oat merupakan salah satu kreasi sajian oat yang cukup populer karena rasanya yang lezat dan cara pembuatannya yang mudah. Di samping itu, overnight oat juga menyimpan beragam manfaat bagi kesehatan.

Sajian oat biasa umumnya diolah dengan cara dimasak atau dicampurkan dengan air hangat. Akan tetapi untuk membuat overnight oat, oat cukup dicampurkan dengan cairan selama semalaman di dalam toples yang disimpan di kulkas. Cairan ini bisa berupa susu, yogurt, alternatif susu seperti sari almond, atau cairan apa pun yang disukai.

Setelah didiamkan semalaman, overnight oat siap untuk disantap di pagi hari. Penyajian overnight oat ini biasanya ditambahkan dengan potongan buah segar, kacang-kacangan, atau topping lain sesuai selera.

Terlepas dari cara penyajian yang mudah dan rasa yang sedap, overnight oat juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah lima di antaranya seperti dilansir di laman Eat This, Kamis (14/1):

1. Suasana hati lebih baik

Sekitar 90 persen dari pasokan serotonin berasal dari usus. Serotonin merupakan hormon yang membantu menstabilkan suasana hati. Oleh karena itu, orang-orang bisa menjadi mudah marah setelah menyantap makanan yang memunculkan masalah pada saluran pencernaan.

Overnight oat diketahui kaya akan serat prebiotik bernama resistant starch yang tak dicerna oleh tubuh. Hal ini memungkinkan serat prebiotik tersebut mencapai usus. Di sana, bakteri-bakteri usus akan melakukan fermentasi terhadap serat tersebut. Hal ini dapat membantu menciptakan suasana usus yang sehat. Usus yang sehat turut berperan dalam membuat suasana hati menjadi lebih baik.

2. Buang air besar lancar

Kandungan serat yang tinggi pada overnight oat juga dapat membantu memperlancar buang air besar (BAB). Setengah cangkir rolled oat diketahui mengandung 4 gram serat.

3. Rasa kenyang lebih lama

Manfaat lain dari kandungan serat dalam overnight oat adalah dapat memberikan perasaan kenyang yang lebih cepat dan lama. Manfaat ini dapat membantu seseorang untuk terhindar dari kecenderungan hangry atau mudah marah karena rasa lapar sebelum jam makan tiba.

4. Penurunan berat badan

Menu sarapan terkadang mengandung kalori yang cukup tinggi tanpa disadari. Overnight oat dapat menjadi alternatif menu sarapan yang menyehatkan dan rendah kalori.

Overnight oat yang dibuat dari setengah cangkir oat, sari kacang, dan topping yang sehat hanya mengandung sekitar 325 kalori. Sedangkan beberapa sajian roti lapis untuk sarapan bisa mengandung hingga 710 kalori per porsi.

5. Menyehatkan jantung

Menurut studi dalam European Journal of Clinical Nutrition, serat oat spesifik bernama beta-glucan dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 10 persen. Hal ini turut mempengaruhi penurunan risiko dari penyakit jantung. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA