Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

5 Latihan Kardio yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Jumat 15 Jan 2021 03:58 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda

Perempuan olahraga lari (Ilustrasi). Berlari merupakan salah satu bentuk olahraga kardio yang membantu membakar kalori dan menurunkan berat badan.

Perempuan olahraga lari (Ilustrasi). Berlari merupakan salah satu bentuk olahraga kardio yang membantu membakar kalori dan menurunkan berat badan.

Foto: Flickr
Menjalani rutinitas kardio yang baik setiap hari dapat bantu turunkan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Latihan kardio sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Anda bisa dengan mudah menurunkan berat badan di rumah, hanya dengan menjalani rutinitas kardio yang baik setiap hari.

Hampir semua orang menghabiskan waktu belajar atau bekerja dari pagi hingga petang, sehingga seharian menjadi sangat sibuk. Bahkan, terkadang orang hampir tidak bisa menyediakan waktu untuk rutinitas latihan meskipun hanya di rumah.

Padahal, olahraga penting dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menjaga diri tetap bugar dan sehat, kita harus berolahraga minimal satu jam setiap hari. Latihan itu menghasilkan hasil terbaik bila dilakukan di pagi hari.

Untuk memulainya, kita bisa berlatih jalan kaki dan jogging. Latihan kardio adalah yang termudah dan sangat bermanfaat. Jogging adalah olahraga untuk menurunkan berat badan yang sehat.

Jalan pagi dan jogging merupakan awal yang sempurna untuk hari kita. Jogging baik menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Kardio juga membantu menurunkan berat badan, mengencangkan otot kaki dan paha. Kardio membuat tubuh bagian bawah kita kuat, dan juga meningkatkan kekuatan daya tahan tubuh.

Baca Juga

Latihan kardio membantu mengatur tekanan darah dan juga menjaga insulin. Itulah sebabnya pasien hipertensi dan diabetes disarankan untuk jalan-jalan pagi oleh dokter mereka.

Latihan kardio bermanfaat bagi kesehatan sendi dan tulang. Kardio juga baik untuk otak dan menghasilkan hormon bahagia. Jika kita berlatih kardio setiap hari, ini akan membantu mengurangi stres dan membuat kita tetap tenang. Kardio juga bagus untuk kulit dan rambut, membuat kita sehat dan cantik baik di dalam maupun di luar.

Apakah jogging sudah paling baik untuk menurunkan berat badan? Berikut ini merupakan lima latihan kardio yang akan menjaga berat badan tetap terkendali:

1. Berlari

Berlari adalah bentuk latihan kardio yang paling dasar dan sangat penting. Berlari membantu membakar kalori dan menurunkan berat badan ekstra dengan cepat.

Berlari dengan kecepatan sedang adalah cara terbaik untuk memulai pagi. Mulailah dengan lari jarak pendek. Setelah terbiasa berlari, coba memilih jalur lari yang panjang. Itu membuat kita tetap aktif dan bergerak.

2. Lompat tali

Ini adalah bentuk latihan kardio yang sangat bermanfaat. Lompat tali membangun kekuatan otot, meningkatkan kekuatan bahu, meningkatkan kemampuan sendi, dan sangat baik untuk jantung dan paru-paru.

Mulai dengan kecepatan lambat dan kemudian beralih ke medium jika tubuh terasa sanggup. Lompat tali dapat membakar lemak dengan cepat dan membantu menurunkan berat badan dengan mudah.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA