Wednesday, 14 Jumadil Akhir 1442 / 27 January 2021

Wednesday, 14 Jumadil Akhir 1442 / 27 January 2021

5 Trik Menabung untuk Travelling Seusai Pandemi

Kamis 14 Jan 2021 19:33 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti

Travelling (ilustrasi)

Travelling (ilustrasi)

Foto: Huffingtonpost
Manfaatkan aplikasi penganggaran belanja yang banyak tersedia di ponsel pintar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Melakukan travelling saat pandemi Covid-19 belum terkendali mungkin bukan hal cukup bijak untuk dilakukan. Namun tak ada salahnya bila penggemar travelling mulai menyusun rencana perjalanan untuk masa mendatang ketika situasi sudah memungkinkan.

Mengingat travelling bukan kebutuhan pokok, anggaran travelling tidak termasuk ke dalam pos pengeluaran esensial. Oleh karena itu, tak ada aturan baku mengenai berapa persen pendapatan yang perlu disisihkan untuk anggaran travelling. Anggaran ini bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing.

Yang lebih penting adalah mengetahui trik agar bisa menabung untuk travelling setelah pandemi usai. Setidaknya ada lima strategi yang bisa membantu untuk mewujudkan hal tersebut. Berikut ini adalah kelima strategi tersebut, seperti dilansir di Washington Post, Kamis (14/1):

1. Cari teman

Mengambil keputusan finansial yang cermat akan lebih mudah bila ada dukungan dari orang lain. Coba cari rekan yang pandai mengatur keuangan. Rekan tersebut bisa membantu memberikan masukan dan semangat terkait rencana menabung.

2. Buat spreadsheet

Penggunaan spreadsheet dapat mempermudah proses penyusunan rencana anggaran travelling. Spreadsheet memungkinkan seseorang untuk merinci berbagai biaya yang akan dibutuhkan untuk rencana travelling atau berlibur mereka nanti.

Spreadsheet juga bisa digunakan untuk memantau seberapa banyak biaya yang sudah ditabung ke dalam anggaran perjalanan. Bahkan, spreadsheet juga bisa menjadi salah satu kenang-kenangan untuk mengingat momen liburan nantinya.

3. Manfaatkan aplikasi penganggaran belanja

Sebagian orang mungkin merasa pembuatan spreadsheet sendiri terlalu rumit. Sebagai alternatifnya, aplikasi penganggaran belanja yang banyak tersedia untuk ponsel pintar bisa membantu. Tiap aplikasi memiliki fitur-fitur yang berbeda. Pilih aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan dirasa mudah untuk digunakan.

3. Manfaatkan bonus poin kartu kredit

Beberapa kartu kredit mungkin menawarkan bonus poin dalam program loyalty yang bisa digunakan untuk menunjang kegiatan travelling. Bila mendapatkan penawaran ini, coba manfaatkan dan kumpulkan poin sebanyak-banyaknya. Poin ini nantinya bisa dimanfaatkan untuk meringankan biaya travelling pada masa mendatang.

4. Jangan berutang

Meski bonus poin dari kartu kredit dapat bermanfaat, jangan bergantung pada kartu kredit untuk membiayai liburan bila kondisi keuangan tidak mendukung. Bunga yang cukup tinggi dapat membuat total biaya untuk travelling menjadi lebih besar dibandingkan seharusnya.

Akan lebih baik untuk memperkirakan total biaya yang dibutuhkan untuk travelling sejak awal. Setelah itu, manfaatkan waktu yang ada untuk menabung sesuai kemampuan sampai dana yang dibutuhkan terkumpul.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA