Kamis 14 Jan 2021 17:57 WIB

Syekh Ali Jaber Wafat, Ini Doa untuk Jenazah

Syekh Ali Jaber dimakamkan di Pesantren Darul Qur'an (Daqu), Tangerang, Banten.

Rep: Muhyiddin/ Red: Dwi Murdaningsih
Makam Syekh Ali Jaber di Ponpes Darul Quran, Tangerang, Banten, Kamis (14/1).
Foto: Republika/Teguh Firmansyah
Makam Syekh Ali Jaber di Ponpes Darul Quran, Tangerang, Banten, Kamis (14/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Innalillahi wa inna ilahi rajiun. Kabar duka kembali menyelimuti umat Islam Tanah Air. Ulama kelahiran Madinah, Syekh Ali Jaber yang menghabiskan seluruh hidupnya untuk berdakwah di Indonesia wafat pada Kamis (14/1).

Ulama yang hafal Alquran 30 juz itu wafat di Rumah Sakit Yarsi Jakarta pukul 09.00 WIB saat sedang menjalani perawatan intensif tim medis. Umat Islam pun hendaknya mendoakan Syekh Ali Jaber. Sebab, hanya doa yang diinginkan oleh orang-orang yang sudah meninggal.

Baca Juga

Dikutip dari buku M. Quraish Shihab Menjawab 1001 Soal Keislaman yang Patut Anda Ketahui, sangat banyak doa yang dibaca Rasulullah Saw dalam shalat jenazah.

Salah satunya doa yang terdapat dalam hadits yang diriwayatkan Imam Muslim, at-Tirmidzi dan an-Nasa’i melalui seorang sahabat Nabi yang bernama ‘Auf bin Malik, yaitu:

 

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْ

“Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, maafkan dan lindungi dia. Sambutlah dengan kemuliaan kehadirannya, lapangkan pintu masuknya (ke surga). Mandikanlah dia dengan (kesucian) air, salju, dan es. Sucikan dia dari dosa-dosa sebagaimana kain putih dibersihkan dari segala noda. Gantikanlah untuknya tempat tinggal yang lebih baik dari tempat tinggalnya (di dunia), keluarga yang lebih baik dair keluarganya, pasangan yang lebih baik dari pasangannya. Selamatkan dia dari siksa ujian/bencana di kubur dan siksa api neraka.”

‘Auf bin Malik yang mendengar lalu berkata, “Sungguh (sempurna doa ini) sampai-sampai saya ingin menjadi orang yang didoakan semacam itu.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement