Kamis 14 Jan 2021 15:27 WIB

Varian Baru Covid-19 Ditemukan di Wisconsin

Wisconsin berharap tak sampai terjadi penyebaran varian baru Covid-19 di komunitas.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Reiny Dwinanda
Virus corona tipe baru penyebab Covid-19 (Ilustrasi). Virus corona yang telah bermutasi ditemukan di Inggris dan menyebar ke Wisconsin, Amerika Serikat.
Foto: www.freepik.com
Virus corona tipe baru penyebab Covid-19 (Ilustrasi). Virus corona yang telah bermutasi ditemukan di Inggris dan menyebar ke Wisconsin, Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Varian baru SARS-CoV-2 yang lebih menular telah terdeteksi di Wisconsin, Amerika Serikat. Ahli epidemiologi negara bagian Ryan Westergaard mengatakan bahwa pejabat kesehatan setempat menerima konfirmasi pada hari Selasa (12/1) mengenai terdeteksinya varian tersebut melalui pengurutan genom rutin dari tes Covid-19 positif pada penduduk Eau Claire County.

Westergaard mengatakan, dia tidak memiliki banyak informasi tentang orang tersebut. Akan tetapi, orang yang positif Covid-19 itu pernah melakukan perjalanan internasional dalam dua pekan sebelum dia dites.

Baca Juga

Elizabeth Giese, Direktur Departemen Kesehatan Kota Eau Claire, mengatakan, warga tersebut dinyatakan positif Covid-19 pada akhir Desember seusai kembali dari perjalanan. Pelacak kontak memastikan bahwa individu tersebut hanya berinteraksi dengan anggota keluarganya sendiri dan semuanya menjalani karantina di rumah setelah itu. Giese menolak untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang orang tersebut.

"Kami tidak berharap sampai terjadi penyebaran komunitas dari kasus khusus ini," ujar Giese, dilansir AP, Kamis (14/1).

Giese menyebut bahwa pihaknya telah mengidentifikasi semua kontak dekat. Saat ini, mereka telah berdiam di rumah.  

"Tapi kami juga tahu strain (galur) varian ini kemungkinan akan beredar di seluruh negara bagian kami," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement