Thursday, 8 Jumadil Akhir 1442 / 21 January 2021

Thursday, 8 Jumadil Akhir 1442 / 21 January 2021

Syekh Ali Jaber, Pendakwah Indonesia Asal Madinah

Kamis 14 Jan 2021 14:00 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani

Syekh Ali Jaber

Syekh Ali Jaber

Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Sejak kecil, Syekh Ali Jaber sudah menekuni membaca Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Syekh Ali Jaber merupakan ulama asal Madinah, Arab Saudi. Dia lahir tanggal 3 Februari 1976 dengan nama Ali Saleh Mohammed Ali Jaber dan tutup usia pada 14 Januari 2021 pada umur 44 tahun di Rumah Sakit Yarsi, Jakarta Pusat.  

Syek Ali Jaber pernah menjadi juri pada Hafiz Indonesia dan menjadi dai di berbagai stasiun televisi nasional. Sejak kecil, dia sudah menekuni membaca Alquran. Sang ayah, sangat keras dalam mendidik agama, terutama Alquran dan shalat. Dia tak segan-segan memukul jika Ali Jaber tidak menjalankan sholat. Keluarganya terkenal sebagai keluarga yang religius. Sebagai anak pertama, Ali Jaber dituntut untuk meneruskan perjuangan ayahnya dalam syiar Islam.

Di Madinah, ia mempunyai masjid besar yang digunakan untuk syiar Islam. Pada usia baru memasuki 11 tahun, dia sudah hafal 30 juz Alquran. Pada 2008, Syekh Ali Jaber menikah dengan Umi Nadia dan dikaruniai seorang anak bernama Hasan.

Kehadiran Syekh Ali Jaber disambut baik oleh warga Indonesia karena dakwahnya yang menyejukkan. Dia juga memiliki pesantren, yakni Yayasan Syekh Ali Jaber yang terletak di Jalan Raya Jatinegara Barat No. 169, Jakarta Timur. Sebelum menghembuskan napas terakhir, dia kerap memberikan dakwah di media sosial, baik melalui Instagram maupun Youtube.

Selain dakwah, Syekh Ali Jaber juga hadir dalam rangkaian program televisi seperti Hafiz Indonesia, Damai Indonesiaku, dan Kultum Bersama Syekh Ali Jaber. Film pun pernah ia lakoni, yakni Surga Menanti tahun 2016.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA