Kamis 14 Jan 2021 13:14 WIB

2 Makna Mendalam Wafatnya Ulama Bagi Umat Islam  

Wafatnya ulama bagi umat Islam bukan sekadar kematian biasa

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Nashih Nashrullah
Wafatnya ulama bagi umat Islam bukan sekadar kematian biasa. Ilustrasi meninggal dunia
Foto: icfresno.org
Wafatnya ulama bagi umat Islam bukan sekadar kematian biasa. Ilustrasi meninggal dunia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Umat Islam Indonesia secara maraton kehilangan tokoh terbaiknya dari kalangan ulama. Teranyar, Syekh Ali Jaber, meninggal dunia, Kamis (14/1).

Wafatnya ulama, menurut Islam, mempunyai arti yang sangat berarti dan krusial. Kematian ulama bahkan disebutkan Rasulullah SAW sebagai awal tercerabutnya ilmu di muka bumi. Rasululla SAW bersabda:    

Baca Juga

نْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ، قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ ‏ "‏ إِنَّ اللَّهَ لاَ يَقْبِضُ الْعِلْمَ انْتِزَاعًا، يَنْتَزِعُهُ مِنَ الْعِبَادِ، وَلَكِنْ يَقْبِضُ الْعِلْمَ بِقَبْضِ الْعُلَمَاءِ، حَتَّى إِذَا لَمْ يُبْقِ عَالِمًا، اتَّخَذَ النَّاسُ رُءُوسًا جُهَّالاً فَسُئِلُوا، فَأَفْتَوْا بِغَيْرِ عِلْمٍ، فَضَلُّوا وَأَضَلُّوا ‏"‏‏

"Sesungguhnya Allah SWT tidak menggengam ilmu dengan sekali pencabutan, mencabutnya dari para hamba-Nya. Namun Dia menggengam ilmu dengan mewafatkan para ulama. Sehingga, jika tidak disisakan seorang ulama, manusia merujuk kepada orang-orang bodoh. Mereka bertanya, maka mereka (orang-orang bodoh) itu berfatwa tanpa ilmu. Maka mereka tersesat dan menyesatkan." (HR Al Bukhari nomor 98)

Imam Ahmad menyebutkan bahwa hadits ini disampaikan Rasulullah SAW ketika haji wada. Di riwayat lain disebutkan bahwa seorang badui bertanya kepada Rasulullah SAW, "Wahai Nabi Allah, bagaimana ilmu diangkat sedangkan ada pada kami mushaf-mushaf, dan kami telah belajar darinya apa yang ada di dalamnya dan kami mengajarkan istri-istri, anak-anak dan para pembantu kami?"

Maka, Rasulullah mendongakkan wajah dan beliau marah lalu bersabda, "Ini orang-orang Yahudi dan Nashrani ada pada mereka lembaran-lembaran, mereka tidak mempelajari darinya mengenai apa yang datang kepada mereka dari para nabi mereka."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement