Wednesday, 14 Jumadil Akhir 1442 / 27 January 2021

Wednesday, 14 Jumadil Akhir 1442 / 27 January 2021

Resep Kentang Panggang Ala TikTok yang Disukai Kylie Jenner

Kamis 14 Jan 2021 08:23 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Kentang panggang ala kreator TikTok Jeremy Scheck.

Kentang panggang ala kreator TikTok Jeremy Scheck.

Foto: Jeremy Scheck
Semua jenis kentang bisa dipakai dalam hidangan ala kreator TikTok ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Melalui akun @scheckeats, seorang mahasiswa bernama Jeremy Scheck sukses menarik perhatian pengguna TikTok dengan resep kentang panggang renyahnya. Video yang kini sudah diputar sebanyak 20 juta kali itu bahkan disukai oleh Kylie Jenner.

Kepada laman Insider, Scheck mengatakan bahwa ia terinspirasi oleh aktris Emily Blunt dan Ina Garten yang pernah membuat hidangan tersebut dalam episode "Barefoot Contessa" pada 2018. Namun, kreator TikTok itu kemudian memodifikasi resep kentang panggang dengan caranya sendiri dan resep sang ibu.

Semua jenis kentang bisa digunakan untuk hidangan ini. Akan tetapi, bagi Scheck, jenis yukon gold dan red skin adalah terbaik.

Scheck juga merekomendasikan agar tidak mengupas kulit kentangnya, namun pastikan kulit kentang dibilas bersih. Menurut dia, kulit kentang itu yang akan membuat hidangan menjadi renyah.

"Saya pikir kulitnya yang renyah adalah bagian terbaik. Kebetulan saya benci mengupas kentang, jadi saya biarkan saja,” kata Scheck, seperti dikutip dari Insider pada Rabu (13/1).

Setelah itu, potong kentang sesuai ukuran yang diinginkan. Siapkan panci dan masukkan air serta garam dalam jumlah yang banyak ke dalamnya.

“Jangan khawatir, Anda tidak akan makan semua garam itu. Air yang sangat asin diperlukan agar kentang bisa menyerapnya dan membuatnya lebih terasa gurih,” kata Scheck dalam videonya yang viral.

Kemudian didihkan panci dan rebus kentang selama 10 sampai 15 menit sampai kentang hampir empuk. Setelah selesai, tiriskan kentang dan pindahkan kentang ke loyang dengan ditaburi minyak zaitun atau alpukat. Kalau punyai lemak bebek, Scheck mengatakan, itu lebih baik.

Scheck juga merekomendasikan untuk menambahkan bumbu lain seperti rosemary segar, old bay, garam, paprika, bubuk bawang putih, lada hitam, dan sedikit cabai rawit. Setelah semuanya dilapisi minyak dan bumbu secara merata, masukkan kentang ke dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 232 derajat Celsius.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA