Monday, 17 Rajab 1442 / 01 March 2021

Monday, 17 Rajab 1442 / 01 March 2021

Firaun Sempat Tobat, Mengapa Allah SWT Menolaknya?

Kamis 14 Jan 2021 05:57 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Allah SWT menolak taubat yang diajukan Firaun sebelum tenggelam Firaun

Allah SWT menolak tobat yang diajukan Firaun sebelum tenggelam.

Al-Suyuti dalam al-Jami' al-Shagir menyampaikan hadits dari jalur Abdullah bin Umar. Hadits menggambarkan soal waktu di mana pintu tobat sudah ditutup.  

Dalam hadits tersebut, Rasulullah bersabda: إنَّ الله تعالى يقبلُ توبةَ العبدِ ما لمْ يغرْغِرُ "Allah SWT menerima tobat hamba-Nya selama napasnya belum sampai di tenggorokan (sakaratul maut)." (HR Ibnu Majah dan Tirmidzi).

Karena itu, Allah SWT menghendaki bahwa pertobatan orang yang berada dalam sakaratul maut itu tidak akan diterima. Hal ini karena yang bersangkutan sudah tidak bisa lagi berbuat apa-apa selain kematian yang sedang menghampirinya.  

Begitu pula Firaun yang takut terhadap hukuman yang tak terhindarkan. Dia menyadarinya saat akan tenggelam dan saat itulah dia sudah putus asa tidak bisa menyelamatkan diri. Sehingga, tobat tidak membantunya pada saat itu. Allah SWT berfirman: 

وَلَيْسَتِ التَّوْبَةُ لِلَّذِينَ يَعْمَلُونَ السَّيِّئَاتِ حَتَّىٰ إِذَا حَضَرَ أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ إِنِّي تُبْتُ الْآنَ وَلَا الَّذِينَ يَمُوتُونَ وَهُمْ كُفَّارٌ ۚ أُولَٰئِكَ أَعْتَدْنَا لَهُمْ عَذَابًا أَلِيمًا

"Dan tidaklah taubat itu diterima Allah dari orang-orang yang mengerjakan kejahatan (yang) hingga apabila datang ajal kepada seseorang di antara mereka, (barulah) dia mengatakan 'Sesungguhnya aku bertaubat sekarang'. Dan tidak (pula diterima taobat) orang-orang yang mati sedang mereka di dalam kekafiran. Bagi orang-orang itu telah Kami sediakan siksa yang pedih." (QS An-Nisaa: 18).

BACA JUGA: Beredar Video Barisan Ambulans dan Antrean Pemakaman di TPU Tegal Alur Jakarta, Benarkah?

Sumber: https://mawdoo3.com/%D9%84%D9%85%D8%A7%D8%B0%D8%A7_%D9%84%D9%85_%D8%AA%D9%82%D8%A8%D9%84_%D8%AA%D9%88%D8%A8%D8%A9_%D9%81%D8%B1%D8%B9%D9%88%D9%86#cite_note-wDyHvy0uow-6 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA