Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Tatanan Dunia Baru Muslim di Pusaran China-Amerika Serikat 

Kamis 14 Jan 2021 05:45 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Dunia Islam berada dalam pusaran dominasi China-Amerika Serikat.

Foto:
Dunia Islam berada dalam pusaran dominasi China-Amerika Serikat

Setiap tahun di PBB, kedua negara berbicara tentang keadilan global, kebutuhan reformasi PBB, dan bagaimana dunia lebih besar dari lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB. Masalah-masalah ini perlu menjadi perhatian dunia Muslim lebih dari pada refleksi ke dalam tentang pemerintahan yang baik. 

Pandemi Covid-19 mengubah dinamika kekuatan global. Tidak ada seorang pun yang memiliki kekuasaan dan monopoli untuk merancang apapun dalam sistem internasional sekarang. Sistem global saat ini menyaksikan kembalinya persaingan kekuatan besar dengan kebangkitan Rusia dan China yang menimbulkan tantangan eksistensial bagi tatanan dunia liberal yang dominan dan mereka yang ingin mempertahankannya. 

Namun, di orde baru, kita melihat lebih banyak kerja sama yang melampaui bangsa dan negara, merujuk pada upaya pembuatan vaksin virus corona yang mempertemukan ilmuwan dan berbagai negara. Ini adalah realitas baru yang perlu diinternalisasi dan disesuaikan. Tatanan dunia sedang mengalami penataan kembali yang mendalam, dan dunia Muslim perlu menemukan tempat yang lebih tinggi di dalamnya.

Sumber: https://dailytimes.com.pk/712320/new-world-order-and-the-muslim-world/

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA