Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Tatanan Dunia Baru Muslim di Pusaran China-Amerika Serikat 

Kamis 14 Jan 2021 05:45 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Dunia Islam berada dalam pusaran dominasi China-Amerika Serikat.

Foto:
Dunia Islam berada dalam pusaran dominasi China-Amerika Serikat

Keberhasilan relatif Beijing tidak dibahas secara luas di seluruh dunia. Itu adalah cerminan dari kekhawatiran yang berkembang atas Presiden China Xi Jinping sebagai kekuatan pendorong.

Di Washington, baik Demokrat maupun Republik sekarang tampaknya yakin akan perlunya memperlakukan China sebagai saingan sistemik. Ekonomi China mungkin telah pulih lebih cepat daripada negara besar lainnya selama pandemi, tetapi pertumbuhannya semakin lamban.

Hubungan Sino (sebutan lain untuk segala yang berkaitan dengan China)-Amerika Serikat yang bergejolak dan akses yang lebih ketat ke pasar luar negeri untuk perusahaan China telah mendorong pemikiran ulang yang mendasar tentang pendorong pertumbuhan oleh perencana ekonomi utama Beijing. 

Tentang China, ketakutan Barat atas konsensus Beijing yaitu, masa depan di mana negara-negara berdagang dan berurusan dengan aturan yang dibentuk oleh penguasa otokratis China berlebihan. Sulit untuk membayangkan bahwa logika liberal tidak akan berjalan seperti yang kita harapkan. Bagaimana jika China membuat sejarah, tidak hanya memainkan tujuannya. 

Krisis Covid-19 juga mengajarkan kita satu hal, belum tentu yang paling kuat secara ekonomi atau militer yang dapat melewati krisis tanpa cedera. Terjadi penyesuaian yang mendalam, dan dunia Muslim juga perlu menemukan tempat yang lebih baik di dalamnya. Ini sangat menarik bahwa tantangan terhadap dunia liberal yang diciptakan Barat ditantang dari dalam dirinya sendiri. 

Bentrokan ideologis ini sebenarnya tidak terjadi di Timur Tengah atau di Asia, tetapi terjadi di Barat, di Eropa, di Amerika. Negara-negara Muslim memiliki banyak kontribusi dengan ide-ide mereka tentang keadilan global. Pakistan dan Turki telah menjadi juara dari semua ini.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA