Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Tatanan Dunia Baru Muslim di Pusaran China-Amerika Serikat 

Kamis 14 Jan 2021 05:45 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Dunia Islam berada dalam pusaran dominasi China-Amerika Serikat.

Foto:
Dunia Islam berada dalam pusaran dominasi China-Amerika Serikat

Suasana internasional tegang, dan tatanan yang ada runtuh ketika negara-negara mengejar kepentingan nasional mereka yang sempit. Lingkaran setan ketidakpercayaan dan ketidakamanan harus dihentikan pada 2021. 

Dalam keamanan internasional juga, tidak ada jaminan Amerika Serikat akan mempertahankan kemampuan militernya yang luar biasa. Tatanan internasional dari norma baru ini tidak dapat mengandalkan kepemimpinan Amerika Serikat saja.

Pemerintahan Trump mencoba mengubah perilaku ekonomi China dengan memberikan tekanan pada perdagangan sambil mengabaikan koordinasi dengan negara lain.

Dengan kedua belah pihak menjatuhkan sanksi dan pembalasan berikutnya, situasi telah berubah menjadi Perang Dingin baru yang tidak produktif. Sistem global saat ini menyaksikan kembalinya persaingan kekuatan besar dengan kebangkitan Rusia dan China yang menimbulkan tantangan eksistensial bagi tatanan dunia liberal yang dominan dan mereka yang ingin mempertahankannya.

Meskipun Organisasi Perdagangan Dunia telah melemah, Jepang, Singapura, Australia, dan negara lain yang berkeinginan masih membahas aturan yang difokuskan pada distribusi data.

Bagi Jepang, aliansi dengan Amerika Serikat telah lama menjadi landasan kebijakan luar negeri, tetapi sekarang akan ada lebih banyak kesempatan daripada sebelumnya bagi negara tersebut untuk menggunakan kekuatannya secara mandiri.

China sangat tertarik dengan diskusi ini karena lebih banyak negara telah bergabung. Era di mana tatanan dunia dibangun melalui kekuatan negara adidaya akan segera berakhir. Di dunia nonpolar, bahkan tindakan sederhana pun dapat berubah menjadi sesuatu yang lebih besar.

Saat mengembangkan kerangka kerja baru, ada banyak kemungkinan yang akan digunakan negara dan tema yang berpartisipasi. Negara harus bersaing satu sama lain dengan menunjukkan ide dan kepemimpinan baru untuk mengatasi masalah global yang luar biasa. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA