Sunday, 23 Rajab 1442 / 07 March 2021

Sunday, 23 Rajab 1442 / 07 March 2021

5 Minuman Sehat Ini Bantu Kelola Mood

Kamis 14 Jan 2021 05:50 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Minuman bisa membantu meningkatkan suasana hati lebih positif (Foto: ilustrasi minuman)

Foto:
Minuman bisa membantu meningkatkan suasana hati lebih positif.

Teh Hijau

Teh hijau atau matcha memiliki kandungan antioksidan dan L-Theanine yang tinggi. L-Theanine memiliki efek yang menenangkan sekaligus membuat pikiran tetap tajam.

Selain penyajian biasa, matcha juga bisa diolah menjadi minuman mathca latte. Untuk membuatnya, campurkan satu sendok teh bubuk matcha dengan sedikit air hangat sampai membentuk tekstur paste. Setelah itu, panaskan satu cangkir sari almond dengan tambahan satu sendok teh sirup maple.

Setelah sari almond tersebut hangat, masukkan paste matcha yang sudah dibuat. Setelah tercampur rata, tuangkan minuman ini ke dalam gelas dan hias bagian atasnya dengan parutan pala.

 

Sup Akar Bit

Semangkuk sup akar bit (beetroot) dapat membuat tubuh terasa lebih bertenaga dan bersemangat. Minuman ini juga dapat membuat kegiatan olahraga tidak terasa begitu melelahkan.

Untuk membuat minuman ini, jus satu akar bit, wortel, dan apel. Setelah tercampur rata, tuangkan semuanya ke dalam panci. Masukkan satu siung bawang putih yang sudah diparut halus, satu sendok teh Barley Miso, satu sendok makan tamari, dan satu sendok teh minyak zaitun. Masak hingga campuran ini terasa hangat, tuangkan ke mangkuk, dan sup akar bit siap diminum.

 

Smoothie Kaldu

Kaldu mungkin tidak terdengar seperti minuman pada umumnya. Akan tetapi, kaldu mengandung banyak zat gizi dan bahkan bisa digunakan untuk membuat smoothie yang gurih.

Untuk membuat smoothie gurih dengan kaldu ini, cukup blender 120 ml kaldu tulang dengan suhu ruangan, satu mentimun yang sudah dikupas dan dipotong, 10 gram ketumbar potong, sari satu buah lemon, 15 gram daun bayam, dua batang seledri, dan sejumput garam. Blender hingga halus namun pastikan proses blender tidak terlalu lama sehingga tidak muncul buih pada smoothie kaldu. Tuangkan ke mangkuk dan smoothie kaldu siap dinikmati. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA