Monday, 5 Jumadil Akhir 1442 / 18 January 2021

Monday, 5 Jumadil Akhir 1442 / 18 January 2021

10 Cara Manfaatkan Ampas Kopi

Kamis 14 Jan 2021 00:55 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

Jangan buang ampas kopi karena bisa dimanfaatkan ulang (Foto: ilustrasi)

Jangan buang ampas kopi karena bisa dimanfaatkan ulang (Foto: ilustrasi)

Foto: pexels
Jangan buang ampas kopi karena bisa dimanfaatkan ulang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Agar tidak terbuang percuma, ampas kopi bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan rumahan. Berikut 10 cara brilian memanfaatkan ulang ampas kopi, seperti dikutip dari laman First for Women, Rabu (13/1).

 

Menghilangkan bau lemari es

Baca Juga

Bau menyengat di lemari es bisa dihilangkan dengan meletakkan semangkuk bubuk ampas kopi yang telah dikeringkan. Butiran kopi akan menyerap bau tidak sedap sehingga tidak lagi tercium setiap kali membuka pintu kulkas.

 

Membuat pakaian gelap yang pudar terlihat baru

Jika jeans hitam favorit memudar, kembalikan warnanya dengan ramuan kopi. Seduh 3/4 cangkir bubuk kopi dalam satu galon air selama 10 menit, lalu tuangkan ke dalam mesin cuci. Masukkan jeans dan nyalakan mesin cuci tanpa sabun.

 

Memperbaiki goresan furnitur

Kopi bisa dipakai untuk memperbaiki goresan kecil di permukaan furnitur. Caranya, celupkan kapas ke bubuk kopi basah dan gunakan untuk mengoleskan sedikit pada yang tergores. Tanin pada kopi akan membantu menyamarkan noda dan goresan.

 

Melembutkan potongan daging yang keras

Kopi bisa dipakai untuk memastikan steak benar-benar empuk. Lapisi daging dengan minyak zaitun, campuran 1/4 cangkir bubuk kopi, dua sendok makan gula merah, satu sendok makan garam, dan dua sendok makan lada hitam. Diamkan selama 30 menit.

 

Melindungi tanaman dari kucing

Kesal karena kucing suka memainkan tanaman atau mengunyah-ngunyah daunnya hingga rusak? Ampas kopi bisa jadi solusi karena kucing tidak suka aromanya. Caranya, taburkan segenggam besar bubuk kopi bekas ke tanah sekitar tanaman.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA