Wednesday, 7 Jumadil Akhir 1442 / 20 January 2021

Wednesday, 7 Jumadil Akhir 1442 / 20 January 2021

Dalai Lama Dukung Greta Thunberg Selamatkan Bumi

Kamis 14 Jan 2021 00:14 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih

Dalai Lama

Dalai Lama

Foto: AP/Lenny Ignelzi
Dalai Lama memuji Thunberg dan menyebutnya sebagai harapan nyata

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalai Lama memberikan dukungan pada aktivis lingkungan Greta Thunberg. Pemimpin spiritual itu mengakui generasinya banyak 'menciptakan kerusakan' dan generasi baru yang memperbaikinya.

Dalai Lama melakukan pertemuan virtual dengan aktivis berusia 18 tahun itu. Ia memuji Thunberg dan menyebutnya sebagai 'harapan nyata'.

"Ketika saya mendengar gadis muda dari Swedia, saya benar-benar merasa 'Oh ada harapan nyata dari generasi yang lebih muda yang benar-benar memikirkan lingkungan dan hal-hal terkait'," kata Dalai Lama dalam pertemuan tersebut seperti dikutip Sputnik News, Rabu (13/1).

Peraih hadiah Nobel Perdamaian itu juga mengatakan masa depan tergantung pada generasi muda. Sementara generasinya 'menciptakan banyak kerusakan' yang kini harus diperbaiki.

Thunberg mengungkapkan rasa terimakasih yang 'begitu besar' atas dukungan Dalai Lama terhadap isu lingkungan. Sebelumnya Dalai Lama mendukung mogok sekolah yang diinisiasi Thunberg untuk mengajak siswa-siswi berunjuk rasa mendesak pemerintah di seluruh dunia berbuat lebih banyak dalam mengatasi perubahan iklim.

Dalam pertemuan tersebut, Thunberg kembali menegaskan pentingnya kepedulian terhadap isu perubahan iklim. Ia meminta semua pihak untuk belajar mengenai masalah tersebut.

"Jika saya dapat meminta satu hal dari Anda, maka didiklah diri Anda sendiri, coba belajar sebanyak mungkin yang Anda bisa. Ada jumlah informasi yang tak terbesar dan pengetahuan yang tersebar luas, sebarkan kepedulian pada orang lain," kata Thunberg.

Dalai Lama sudah lama melakukan advokasi perlindungan lingkungan. Ia berulang kali menekankan lingkungan bersih adalah hak asasi manusia. Dalai Lama juga mempromosikan vegetarian untuk menghentikan deforestasi dan mengurangi emisi metana.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA