Wednesday, 7 Jumadil Akhir 1442 / 20 January 2021

Wednesday, 7 Jumadil Akhir 1442 / 20 January 2021

Dianggap Pasang Iklan Rasis, Perusahaan Tisu China Dihujat

Rabu 13 Jan 2021 20:08 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih

Kotak tisu, ilustrasi

Kotak tisu, ilustrasi

Foto: Blogspot
Iklan dianggap menyindir wanita tak menarik jika tampil tanpa riasan.

REPUBLIKA.CO.ID, SHANGHAI -- Sebuah perusahaan China telah meminta maaf dan menarik iklan untuk tisu pembersih make-up. Iklan itu memicu kemarahan bagi kaum wanita.

Iklan Purcotton, yang menjadi viral, menunjukkan seorang wanita menghapus riasannya untuk menakut-nakuti penguntit pria. Pengguna media sosial mengutuk iklan ini karena menyindir wanita sebagai penyebab perhatian seksual yang tidak diinginkan. Yang lain mengatakan iklan itu menyinggung karena menunjukkan bahwa wanita tidak menarik tanpa riasan.

"Untuk membuat iklan dari sesuatu yang benar-benar membuat takut atau menyakiti wanita, apakah mereka memiliki masalah otak?" ujar salah satu komentar di microblog Weibo, dilansir di BBC, Selasa (12/1).

Seruan untuk memboikot perusahaan produk kapas perusahaan itu mengikuti ketika reaksi tersebut mendapatkan momentum di online.

Purcotton menanggapi dengan permintaan maaf dalam dua postingan di akun resmi Weibo. Perusahaan mengatakan akan meninjau proses untuk mencegah insiden serupa terjadi lagi. Perusahaan itu juga menghapus iklan dari halaman media sosialnya, meskipun sudah dibagikan secara luas pada saat itu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA