Rabu 13 Jan 2021 19:24 WIB

Turun pada 2020, Mendag Harap Ekspor ke Arab Saudi Meningkat

Tahun lalu nilai ekspor Indonesia ke Arab Saudi sebesar Rp 1,08 miliar dolar AS.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nidia Zuraya
Kapal Kargo pengangkut kontainer komiditi ekspor (ilustrasi)
Foto: sustainabilityninja.com
Kapal Kargo pengangkut kontainer komiditi ekspor (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi berharap, ekspor ke Arab Saudi bisa meningkat. Berbagai upaya pun dilakukan, salah satunya mendorong pelaku usaha kecil dan menengah memasok kebutuhan jamaah haji dan umrah Indonesia di Tanah Suci. 

Ia menyebutkan, tahun lalu nilai ekspor Indonesia ke Arab Saudi sebesar Rp 1,08 miliar dolar AS. Angka tersebut terkoreksi sebanyak 13,5 persen dibandingkan ekspor pada 2019.

Baca Juga

"Ini bisa dimaklumi karena banyak masalah seperti PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan permintaan yang turun di Arab Saudi. Permintaan turun sejak bisnis pariwisata dan kunjungan umrah terdampak," ujar Lutfi dalam konferensi pers yang digelar secara virtual usai Penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Optimalisasi Peran Usaha Kecil dan Menengah Dalam Memenuhi Kebutuhan Haji dan Umrah, Rabu (13/1).

Ia menyebutkan, selama ini ada 10 barang yang diekspor ke Arab Saudi. Meliputi otomotif, minyak sayur, minyak goreng, kelapa sawit, bubur kertas, serta perhiasan. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement