Rabu 13 Jan 2021 19:18 WIB

Ribka Tjiptaning Tolak Vaksin, Ini Tanggapan Ridwan Kamil 

Wakil rakyat seharusnya memberikan semangat agar pandemi Covid-19 segera tuntas.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan)
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat menanggapi kabar penolakan vaksin Covid-19 oleh Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ribka Tjiptaning. Menurutnya, seorang wakil rakyat seharusnya memberikan semangat, agar pandemi Covid-19 segera tuntas oleh solusi-solusi yang rasional.

Sebelumnya, menjelang vaksinasi Covid-19 perdana di Indonesia yang ditandai penyuntikan vaksin Sinovac terhadap Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi), beredar video penolakan vaksin Covid-19 oleh Ribka Tjiptaning yang bikin geger.

"Tanggung jawab semua orang sebagai wakil rakyat, publik figur, pemimpin, adalah memberikan semangat agar pandemi Covid-19 ini cepat selesai oleh solusi-solusi yang rasional," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil, dalam konferensi pers yang digelar secara virtual di Bandung, Rabu (13/1).

Meski begitu, Emil menilai, penolakan vaksin Covid-19 oleh Ribka Tjiptaning karena yang bersangkutan salah paham. Penolakan tersebut, muncul karena Ribka Tjiptaning menganggap uji klinis vaksin Sinovac belum selesai.

"Kalau saya lihat pemberitaan, saya tidak mau mengomentari terlalu detail, tapi yang saya tahu, tokoh ini menolak kalau vaksinnya belum selesai, pengetesannya belum selesai. Kalau saya baca begitu ya, mohon maaf ya," paparnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement