Rabu 13 Jan 2021 19:03 WIB

KNPI Optimistis Listyo Sigit Mampu Sinergikan Ulama-Umara  

KNPI menilai Komjen Pol Sigit bisa rekatkan sinergi ulama dan umara

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
 Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI), Haris Pertama (tengah), menilai Komjen Pol Sigit bisa rekatkan sinergi ulama dan umara.
Foto: dok istimewa
Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI), Haris Pertama (tengah), menilai Komjen Pol Sigit bisa rekatkan sinergi ulama dan umara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI), Haris Pertama, menyambut baik usulan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyodorkan nama Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjadi calon tunggal Kapolri kepada DPR RI.

Menurut Haris, Komjen Listyo Sigit memiliki kemampuan variatif profesionalitas di bidang reserse kriminal (reskrim) sebagai karakteristik dan front gate penegakan hukum dari Polri. 

Baca Juga

Haris juga memastikan,  penunjukan Komjen Listyo Sigit untuk menggantikan Jenderal Idham Azis yang akan memasuki purna bakti pada 1 Februari 2021, sudah melalui prosedur di internal Korps Bhayangkara.

“Penunjukan Komjen Listyo Sigit telah memenuhi persyaratan dari internal kelembagaan Wanjakti Polri, bahkan juga Kompolnas sebagai kelembagaan eksternal, baik syarat kapabilitas, integritas, dan kompetensi beliau sebagai calon Kapolri,” ujar Haris, Rabu (13/1).

Politisi muda Partai Golkar ini berkeyakinan bahwa Listyo dapat membawa perubahan di Korps Bhayangkara. Serta membawa institusi ini dengan promoter (profesional, modern, terpercaya).

“Saya yakin Komjen Listyo dapat menerapkan strategi yang baik saat memimpin 400 ribu personel Polri serta menjadikan perubahan di tubuh Polri, sehingga citra Korps Bhayangkara ini semakin dicintai masyarakat,” ujarnya.

Oleh karena itu, kata Haris, KNPI akan mengawal penunjukan Komjen Listyo sampai dilantik menjadi Kapolri oleh Presiden Jokowi di Istana Merdeka. 

KNPI juga akan menyebar ribuan spanduk di seluruh daerah atas penunjukan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri tunggal.

“Saya memerintahkan seluruh pengurus dan anggota KNPI di tingkat provinsi, kabupaten dan kota untuk mengawal penunjukan Komjen Listyo sampai nanti dilantik presiden,” ujarnya.

Haris menjabarkan, saat Listyo menjabat sebagai Kapolda Banten, dia mempunyai berbagai progam yang diapresiasi  ulama di sana. 

 “Saat jadi Kapolda Banten,  Listyo dikenal ramah dan dicintai ulama disana. Bahkan, banyak marbut masjid dan mushala diberangkatkan umroh gratis oleh Listyo,”ujar Haris.

Haris juga memuji Listyo yang di tengah pandemi ini memberikan bantuan ke Pondok Pesantren Salafiyah Tajul Falah, Cipanas, Lebak, Banten. Salah satu pesantren tertua di Lebak. Seperti keramik, besi, dan semen. 

”Ini kan luar biasa. Sampai sudah tidak menjabat lagi, beliau masih tetap peduli terhadap lembaga pendidikan agama di Banten.  Oleh karena itu, KNPI meyakini Listyo Sigit bisa membuat ulama dan umara (pemerintah) bisa lebih dekat serta saling bersinergi,” tutur dia.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement