Rabu 13 Jan 2021 18:55 WIB

Tujuh Daerah di Jabar Siap Gelar Vaksinasi Covid-19

Enam dari tujuh daerah di Jabar menggelar vaksinasi perdana Kamis (14/1) besok.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Petugas kesehatan menyiapkan vaksin saat simulasi pemberian vaksin COVID-19 Sinovac. Ilustrasi
Foto: ANTARA/Nova Wahyudi
Petugas kesehatan menyiapkan vaksin saat simulasi pemberian vaksin COVID-19 Sinovac. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Tujuh daerah di Jawa Barat dinyatakan siap menggelar vaksinasi Covid-19 yang dimulai, Kamis (14/1). Menurut Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, tujuh daerah ini sesuai dengan daftar kiriman vaksin dari pemerintah pusat.

Ridwan Kamil mengatakan, tujuh daerah tersebut yaitu Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Bogor, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi.

"Besok di tanggal 14 (Januari 2021) Jawa Barat akan mulai proses vaksinasi hari pertama," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil, Rabu (13/1).

Setelah tujuh daerah ini, kata Emil, proses vaksinasi dilakukan pada daerah lainnya di Jabar. Tahap pertama, pihaknya akan melakukan evaluasi bila menemukan sejumlah hambatan.

"Jadi sekarang akan dievaluasi dulu, kesulitannya seperti apa menjadi pembelajaran untuk daerah lain," katanya.

Dari tujuh daerah tersebut, kata dia, hanya Kota Bekasi yang direkomendasikan melaksanakan vaksinasi pada Jumat (15/1). Sedangkan enam daerah lainnya serentak dilakukan Kamis (14/1).

"Nah khusus Bekasi, karena besok baru mulai pemeriksaan kesehatan kepala daerahnya sehingga Bekasi saya sarankan di hari Jumat. Jadi ada enam daerah yang divaksin besok, satu dengan provinsi," paparnya.

Emil mengatakan, vaksin tersebut tidak akan diberikan kepada penyintas atau survivor Covid-19. Mengingat adanya beberapa kepala daerah di antara tujuh kabupaten kota tersebut memiliki riwayat terpapar Covid-19 maka tidak akan mengikuti penyuntikan vaksin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement