Rabu 13 Jan 2021 16:55 WIB

31 Faskes akan Laksanakan Vaksinasi di Yogyakarta

Ada 31 faskes di Kota Yogyakarta yang ditunjuk untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yudha Manggala P Putra
Petugas medis mengikuti simulasi  vaksinasi Covid-19 di RSUD Panembahan Senopati, Bantul, Yogyakarta, Rabu (13/1). Simulasi ini dilakukan jelang vaksinasi Covid-19 tahap pertama mulai Kamis (14/1) untuk wilayah Yogyakarta.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Petugas medis mengikuti simulasi vaksinasi Covid-19 di RSUD Panembahan Senopati, Bantul, Yogyakarta, Rabu (13/1). Simulasi ini dilakukan jelang vaksinasi Covid-19 tahap pertama mulai Kamis (14/1) untuk wilayah Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menerima vaksin Sinovac dari Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY pada Rabu (13/1) ini. Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, vaksin yang diterima sebanyak 9.810 dosis.

Namun, ribuan dosis vaksin tersebut tidak langsung disebar ke fasilitas pelayanan kesehatan (faskes) yang ditunjuk untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19. Rencananya, distribusi baru dilakukan pada 22 Januari 2021.

Vaksin yang sudah diterima dari Dinkes DIY tersebut disimpan di Instalasi Farmasi Dinkes Kota Yogyakarta. Heroe menuturkan, penyimpanan menggunakan lemari pendingin yang suhunya dikondisikan pada 2-8 derajat celcius.

"Sudah dipersiapkan untuk penyimpanan vaksin di Instalasi Farmasi Dinkes (Kota Yogyakarta), yang mulai 22 Januari akan didistribusikan ke faskes yang sudah ditunjuk untuk melayani vaksinasi," kata Heroe kepada wartawan dalam pesan tertulisnya.

Heroe menjelaskan, 9.810 dosis vaksin yang diterima tersebut baru tahap satu. Total vaksin Covid-19 yang diterima oleh Kota Yogyakarta, katanya, sebanyak 19.620 dosis vaksin.

"Yang tahap dua (untuk Kota Yogyakarta akan didistribusikan oleh Dinkes DIY pada) akhir Januari (2021)," ujar Heroe yang juga Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Yogyakarta tersebut.

Ada 31 faskes yang sudah ditunjuk di Kota Yogyakarta untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19. Terdiri dari 18 puskesmas, tujuh rumah sakit rujukan penanganan Covid-19, empat rumah sakit swasta non-rujukan penanganan Covid-19, dan dua klinik kesehatan.

"Di antaranya (untuk RS rujukan) RSUD Jogja, RS Pratama, Panti Rapih, Bethesda, PKU Muhammadiyah, Siloam. Non rujukan ada RS Bethesda Lempuyangwangi, Happyland, Ludira Husada, Hidayatullah, Klinik Biddokkes dan Polres," tambahnya.

Untuk vaksinator yang sudah dilatih untuk melaksanakan vaksinasi di Kota Yogyakarta sebanyak 46 vaksinator untuk tahap pertama. Vaksinator yang dilatih tersebut terdiri dari dokter dan bidan.

"Tiap faskes dilatih dua tenaga kesehatan untuk menjadi vaksinator. Di tahap pertama ada 46 vaksinator dan di tahap dua ada 27 vaksinator. Jadi totalnya ada 73 vaksinator untuk melakukan vaksinasi di Kota Yogyakarta," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement