Rabu 13 Jan 2021 15:08 WIB

Padang Siapkan 26 RS dan 88 Klinik untuk Lokasi Vaksinasi

Pemko Padang telah mendaftarkan sebanyak 9.128 tenaga kesehatan

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Akbar
Vaksin (ilustrasi)
Foto: AP Photo/LM Otero
Vaksin (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG-  Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Ferimulyani mengatakan pihaknya menyiapkan 26 rumah sakit dan 88 klinik untuk lokasi pelaksanaan penyuntikan vaksin covid-19.

Feri menyebut Pemko Padang telah mendaftarkan sebanyak 9.128 tenaga kesehatan sebagai penerima vaksin. Masing-masing penerima akan mendapatkan dua dosis vaksin. Sehingga jumlah dosis vaksin yang dibutuhkan Kota Padang pada vaksinasi tahap pertama ini sebanyak 18.276 dosis.

"Lokasi vaksinasi di 26 RS dan klinik yang ada di Kota Padang. Baik itu milik pemerintah maupun swasta," kata Feri, Rabu (13/1).

Ferimulyani menyebut penerima vaksin tahap pertama yang didaftarkan Dinkes Padang adalah tenaga kesehatan dan tenaga pendukung. Sudah termasuk di dalamnya dokter, perawat, bidan, pegawai administrasi, keamanan dan lain-lain yang bekerja di lingkungan RS dan fasilitas kesehatan.

Sejauh ini Dinkes Padang sudah menyiapkan dan melatih masing-masing dua orang vaksinator di setiap faskes. Meski begitu menurut Feri, tenaga yang selama ini telah pernah menyuntikan vaksin seperti vaksin polio juga dapat menjadi vaksinator covid. Karena tata cara pelaksanaannya masih sama dengan penyuntikan vaksin-vaksin yang telah ada sebelumnya.

"Program vaksin ini kan sudah sejak tahun 80-an," ucap Feri.

Sebanyak 9.128 orang penerima vaksin yang terdaftar di Kota Padang ini lanjut Feri telah selesai divalidasi oleh Kementerian Kesehatan. Sehingga 9.128 orang tersebut sudah menerima SMS pemberitahuan dari Kemenkes.

Nanti pada saat pelaksanaan penyuntikkan vaksin, petugas akan kembali melakukan skrining ulang. Tujuannya untuk memastikan nakes penerima vaksin tidak punya penyakit berbahaya dan memastikan pernah atau tidak tertular covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement