Rabu 13 Jan 2021 12:26 WIB

BI: Kegiatan Dunia Usaha Membaik pada Kuartal IV 2020

Perbaikan kegiatan usaha didorong oleh kinerja sejumlah sektor yang tumbuh positif.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nidia Zuraya
Perumahan (ilustrasi). Sektor usaha real estate termasuk sektor usaha yang tumbuh positif pada kuartal IV 2020.
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Perumahan (ilustrasi). Sektor usaha real estate termasuk sektor usaha yang tumbuh positif pada kuartal IV 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) mengindikasikan bahwa kegiatan dunia usaha membaik pada kuartal IV 2020, meskipun masih dalam fase kontraksi. Hal ini tercermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pada kuartal IV 2020 sebesar -3,90 persen, membaik dari -5,97 persen pada kuartal III 2020.

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono menyampaikan perbaikan kegiatan usaha didorong oleh kinerja sejumlah sektor yang tumbuh positif. Yaitu sektor Pengangkutan dan Komunikasi; Keuangan, Real Estate dan Jasa Perusahaan; Listrik, Gas dan Air Bersih, serta Jasa-jasa.

Baca Juga

"Selain itu, sektor Perdagangan, Hotel dan Restoran, sektor Industri Pengolahan dan sektor Konstruksi terindikasi membaik," katanya dalam keterangan pers, Rabu (13/1). 

Perbaikan kondisi kegiatan usaha didukung oleh permintaan yang meningkat saat Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan tahun baru, ketersediaan bahan baku produksi, dan peningkatan jumlah pelanggan baru di sub sektor listrik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement