Monday, 5 Jumadil Akhir 1442 / 18 January 2021

Monday, 5 Jumadil Akhir 1442 / 18 January 2021

Air Alkali Baik untuk Pengidap Kanker dan Lebih Menghidrasi?

Rabu 13 Jan 2021 07:35 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda

Ilustrasi minum air putih. Air dengan derajat keasaman (pH) tinggi telah menjadi minuman yang cukup populer di tengah masyarakat.

Ilustrasi minum air putih. Air dengan derajat keasaman (pH) tinggi telah menjadi minuman yang cukup populer di tengah masyarakat.

Foto: Foto: Republika/Yogi Ardhi
Air alkali disebut-sebut bisa mencegah dan menyembuhkan kanker.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa penelitian telah menemukan lingkungan yang lebih asam di dalam tubuh akan memperkuat sel kanker. Pendukung air alkali menyebut diet dengan mengonsumsi air alkali dapat mencegah atau menyembuhkan kanker.

Tetapi, penelitian ini dilakukan di sel laboratorium. Penelitian tersebut tidak dapat sepenuhnya menganalisis bagaimana sel kanker terbentuk dan berfungsi dalam tubuh manusia.

Tinjauan sistematis pada 2016 menemukan kurangnya bukti yang mendukung atau menentang kemampuan air alkali untuk mengobati kanker. Tinjauan tersebut menyimpulkan, media dan promosi pemasaran pengobatan air alkali untuk kanker tidak dapat dibenarkan dan tidak akurat secara ilmiah.
 
Robert O Young, pria yang awalnya mempromosikan diet alkali sebagai pengobatan kanker dijatuhi hukuman penjara pada 2017 karena berpraktik kedokteran tanpa izin. Dewan Medis California, Amerika Serikat juga menyelidiki klaim Young dan menemukan bahwa tidak satupun dari 15 pasien kanker yang dirawat dengan diet alkali selamat dari penyakit tersebut.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA