Wednesday, 14 Jumadil Akhir 1442 / 27 January 2021

Wednesday, 14 Jumadil Akhir 1442 / 27 January 2021

Koperasi Binaan Rumah Zakat Gelar Rapat Anggota

Rabu 13 Jan 2021 03:47 WIB

Red: Hiru Muhammad

Koperasi Mekar Berdaya Sejahtera (KMBS) yang merupakan koperasi binaan Rumah Zakat melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2020 pada Ahad (10/1).

Koperasi Mekar Berdaya Sejahtera (KMBS) yang merupakan koperasi binaan Rumah Zakat melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2020 pada Ahad (10/1).

Foto: istimewa
Pelaksanaan rapat dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan

REPUBLIKA.CO.ID, PANDEGLANG--Koperasi Mekar Berdaya Sejahtera (KMBS) yang merupakan koperasi binaan Rumah Zakat melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2020 pada Ahad (10/1). Bertempat di balai inspirasi Desa Berdaya Mekarjaya, Kecamatan Mekarjaya, Kabupaten Pandeglang, 60 persen anggota turut hadir dalam rapat tersebut.

Pelaksanaan rapat pun tetap menjaga dan menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, menyediakan tempat cuci tangan dan menyediakan handsanitizer, serta menjaga jarak antar anggota rapat.

Pada tahun 2020 jumlah anggota koperasi mengalami mengalami peningkatan, awal Januari tercatat hanya 26 anggota dan diakhir tahun ini berjumlah 54 orang. Dalam RAT tahun ini, pengurus koperasi menyampaikan laporan keuangan berupa hasil dari 8 unit usaha serta jumlah simpanan anggota selama tahun 2020 hingga rencana kerja koperasi tahun 2021. 

Tercatat sejak 2 tahun koperasi berjalan aset yang dimiliki koperasi di angka 50 jutaan dan simpanan anggota di angka 60 jutaan, total dana yang dikelola koperasi sampai saat ini di angka 100 jutaan. Untuk tahun ini sisa hasil usaha (SHU) koperasi mengalami peningkatan, tahun 2019 SHU nya diangka 10 juta dan tahun ini naik menjadi 22 juta.

Dengan hasil ini membuat para anggota ikut bahagia karena 20 persen dari SHU dialokasikan untuk kegiatan sosial di lingkungan masyarakat Desa Mekarjaya, 60 persen untuk anggota, 10 persen untuk pengurus dan 10 persen lagi untuk cadangan koperasi. "Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar semoga dengan meningkatnya jumlah anggota dan bertambahnya unit usaha koperasi setiap tahun ini membuktikan bahwa kepercayaan masyarakat meningkat kepada koperasi ini," ujar Jum Jumaedi selaku ketua koperasi.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA