Selasa 12 Jan 2021 22:17 WIB

Sutradara: Butuh 3 Bulan Ajak Didi Kempot Bikin Film

Almarhum Didi Kempot tak hanya berperan tetapi juga menjadi produser eksekutif.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Film Sobat Ambyar siap tayang di Netflix mulai 14 Januari 2021.
Foto: Dok Netflix
Film Sobat Ambyar siap tayang di Netflix mulai 14 Januari 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sobat Ambyar merupakan film pertama sekaligus terakhir yang pernah dibintangi oleh almarhum musisi Didi Kempot. Tidak hanya menjadi aktor dan tampil dalam adegan, Didi pun menjadi produser eksekutif.

Salah satu sutradara film, Charles Gozali, menyampaikan cerita saat tim berusaha mengajak Didi terlibat dalam proyek tersebut. Butuh waktu lebih dari tiga bulan untuk menemui Didi, yang memiliki jadwal manggung sangat padat.

Baca Juga

Charles sempat waswas karena berdasarkan informasi yang diketahui, Didi tidak pernah mau muncul di film apapun. Sudah banyak sutradara dan produser terkenal yang mengajak untuk memfilmkan kisah hidupnya.

Didi selalu menolak, bahkan hanya untuk menjadi cameo pun dia enggan. Akan tetapi, lewat pendekatan tertentu melalui komunitas sobat ambyar, sebutan untuk para penggemarnya, akhirnya Didi mau tampil dan terlibat di film Sobat Ambyar.

"Beliau selalu mengatakan dirinya artis kampung. Sangat rendah hati. Konser di manapun kami cari, akhirnya kontak dengan manajemen dan dibantu bikin langkah sampai hari ini selesai," ujar Charles pada konferensi pers virtual, Selasa (12/1).

Charles membocorkan, pada awal film, ada pesan khusus dari Didi. Pesan itu diperuntukkan bagi semua Sobat Ambyar, masyarakat, serta pelaku seni budaya. Bunyinya, jangan patah semangat dan jangan menyerah menghadirkan seni budaya lewat karya.

Didi jadi bukti keuletan itu, Lebih dari 35 tahun berkarya dengan semua momen jatuh bangun, dia tidak lelah menggaungkan musik tradisi. Charles pun berpendapat, film bisa menjadi wujud pelestarian budaya serta kearifan lokal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement