Wednesday, 7 Jumadil Akhir 1442 / 20 January 2021

Wednesday, 7 Jumadil Akhir 1442 / 20 January 2021

Bahaya di Balik Rasa Kentang Goreng yang Enak

Rabu 13 Jan 2021 05:05 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Konsumsi kentang goreng membawa risiko tersendiri bagi kesehatan (Foto: ilustrasi)

Konsumsi kentang goreng membawa risiko tersendiri bagi kesehatan (Foto: ilustrasi)

Foto: www.freepik.com
Konsumsi kentang goreng membawa risiko tersendiri bagi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kentang goreng tak hanya mudah untuk diolah tetapi juga memiliki rasa yang sedap. Namun di balik itu, konsumsi kentang goreng juga membawa risiko tersendiri bagi kesehatan.

Salah satu dampak dari konsumsi kentang goreng telah dibahas dalam studi yang melibatkan hampir 4.500 orang dewasa. Studi yang dimuat dalam The American Journal of Clinical Nutrition ini mengungkapkan bahwa konsumsi kentang goreng lebih dari dua kali per minggu dapat meningkatkan risiko kematian dini hingag dua kali lipat.

Di samping dampak jangka panjang, konsumsi kentang goreng berlebih juga dapat memicu beberapa masalah lain. Berikut ini adalah lima di antaranya, seperti dilansir EatThis, Selasa (12/1).

Baca Juga

 

Sakit Perut

Kentang goreng diketahui tinggi akan kandungan lemak. Di sisi lain, lemak cenderung lebih lambat dicerna oleh tubuh. Dengan kecenderungan ini, kentang yang dikonsumsi bisa bertahan di perut lebih lama dari makanan-makanan lain.

Akibat dari kondisi tersebut, studi dalam jurnal Ultrasound International Open menunjukkan bahwa konsumsi kentang goreng dapat meningkatkan risiko sakit perut. Selain itu, proses mencerna kentang goreng juga dapat memicu "efek samping" lain seperti mual, diare, perut terasa kembung, dan kram.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA