Saturday, 14 Zulhijjah 1442 / 24 July 2021

Saturday, 14 Zulhijjah 1442 / 24 July 2021

Cara Membiasakan Ngemil Sehat pada Anak

Selasa 12 Jan 2021 18:38 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Anak perlu mengemil dengan memerhatikan jumlah, jenis, dan waktu yang tepat.

Anak perlu mengemil dengan memerhatikan jumlah, jenis, dan waktu yang tepat.

Foto: Womanitely
Banyak orang tua yang memberikan camilan untuk menghibur anaknya selama pandemi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Camilan ternyata kerap dijadikan "amunisi" oleh orang tua untuk menghibur anak-anaknya selama pandemi Covid-19. Merujuk survei tahunan dari Mondelēz International, 94 persen orang tua yang disurvei mengandalkan camilan untuk menenangkan buah hati.

Survei tahunan bertajuk "The State of Snacking 2020" tersebut melibatkan sekitar 6.000 peserta dari 12 negara, termasuk Indonesia. Survei dirilis guna menganalisa kebiasaan, wawasan dan tren mencamil masyarakat.

Meski camilan bisa meredakan emosi-emosi negatif, namun mengonsumsi makanan ringan juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan jika tidak dilakukan dalam waktu dan jumlah yang tepat. Lalu, bagaimana melatih anak agar terbiasa mengemil dengan sehat?

Peneliti dan pengamat sosial Devie Rahmawati mengungkap bahwa solusi dari persoalan itu adalah orang tuanya sendiri. Menurut Devie, perlu ada teladan dari orang tua agar anak terbiasa mencamil dengan jumlah, jenis, dan waktu yang tepat.

“Sebaik-baiknya cara mendidik anak itu ya dengan teladan. Pekerjaan anak itu kan meniru, dan orang tua adalah orang yang selalu menjaga dan bersamanya. Jadi pasti anak akan meniru apapun yang orang tua lakukan, termasuk dalam hal ngemil,” kata Devie dalam konferensi pers virtual Mondelēz International pada Selasa (12/1).

Selama ini, cukup banyak orang tua yang cenderung mengomel dan memarahi anak ketika mereka mengonsumsi kudapan tidak sehat. Menurut Devie, daripada mengomel, akan jauh lebih efektif dengan memberikan teladan.

“Kalau ngedumel dan ngomel kan malah nambah stres juga buat orang tuanya. Jadi, mending jadi teladan, itu cara efektif dalam mendorong anak melakukan snacking yang tepat,” kata Devie.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA