Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Di Hadapan Covid-19, Predikat Negara Adikuasa Lenyap

Selasa 12 Jan 2021 15:14 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Ilustrasi Covid-19

Ilustrasi Covid-19

Foto: Pixabay
Tidak ada negara sekuat apa pun yang mampu melawannya.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Asma Nadia

Pelajaran apakah yang paling terpahat di benak sepanjang 2020? Dua angka kembar sebagai bilangan tahun seolah menjanjikan begitu banyak kegembiraan. Namun, ternyata bagi sebagian besar umat-Mu di berbagai belahan bumi, pada kenyataannya begitu sulit dan membuat kami tertatih menyusuri bilangan harinya.

Sepanjang tahun lalu, kami beroleh pelajaran lebih hebat, bahkan terhadap hal-hal yang awalnya kami kira telah pahami. Bahwa Engkau adalah yang Mahakuat, Mahatahu, Mahakuasa, dan Maha segalanya.

Lewat makhluk kecil yang tak terdeteksi mata--yang berada dalam genggaman-Mu-- yang sekilas sepele, tapi ternyata dengan cepat menjungkirbalikkan keadaan. Keberadaannya menimbulkan wabah yang meluluhlantakkan dunia dengan daya hancur, yang tidak pernah terbayangkan kecuali dalam imajinasi dan cerita-cerita fiksi.

Tidak ada negara sekuat apa pun yang mampu melawannya, bahkan hingga tahun berganti. Cina dengan miliaran penduduknya, kekuatan ekonomi dan senjatanya, lumpuh berbulan lamanya.

Amerika Serikat dengan segala kedigdayaannya turut terpuruk ke jurang terdalam. Eropa, Inggris, Prancis, Jerman, Spanyol, Italia, negara- negara perkasa di berbagai benua dengan segala keindahan dan tinggi peradabannya kehilangan daya. Di hadapan Covid-19, predikat negara adikuasa lenyap, semua terpuruk dalam waktu bersamaan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA