Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Diterjang Angin,Ruang Perpustakaan SD Ambruk

Rabu 13 Jan 2021 06:03 WIB

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad

Bangunan perpustakaan SDN i Situ Endah 1 Kota Sukabumi ambruk akibat angin pada Selasa (12/1) pagi.

Bangunan perpustakaan SDN i Situ Endah 1 Kota Sukabumi ambruk akibat angin pada Selasa (12/1) pagi.

Foto: dok bpbd sukabumi
Nilai kerugian akibat kerusakan diperkirakan mencapai Rp 39 juta

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Satu bangunan ruang perpustakaan di SD Negeri Situ Endah 1 Kota Sukabumi ambruk pada Selasa (12/1) pagi. Bencana tersebut terjadi akibat bangunan yang lapuk dan dipicu oleh terjangan angin kencang.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi menyebutkan, bencana tersebut terjadi pada Selasa pagi sekitar pukul 06.15 WIB.

Bangunan perpustakaan sekolah SDN Situ Endah 1 Dinas Pendidikan Kota Sukabumi ini berada di Jalan Pelabuhan 2 KM 6 RT 01 RW 03, Kampung Amarayah Kelurahan Lembursitu, Kecamatan Lembursitu. '' Kami mendapatkan laporan satu lokal ruangan Perpustakaaan dengan luas 7 x 8 meter ambruk,'' ujar Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami, Selasa.

Nilai kerugian akibat kerusakan diperkirakan mencapai Rp 39 juta. Di mana selain bangunan rusak, media pembelajaran sebagian rusak dan sarana prasarana terganggu. Beruntung dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa.

Penyebab ambruknya bangunan kata Zulkarnain, karena lapuknya kondisi bangunan dengan keadaan atap keropos. Sehingga ketika tertiup angin yang cukup kencang mengakibatkan atap bangunan ambruk 100 persen.

Penanganan sementara lanjut Zulkarnain, pada pukul 08.30 WIB, BPBD menerjukan sebanyak 9 orang personil Satgas untuk pembersihan, merapihkan dan membuang puing-puing yang berserakan.

Selain itu ungkap Zulkarnain, mengevakuasi barang atau media pembelajaran yang masih bisa dimanfaatkan. Kegiatan penanganan masih berlangsung dibawah kendali Kasie Dorlog BPBD yang berkoordinasi dengan pihak sekolah.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Imram Wardhani mengatakan, petugas BPBD telah dikerahkan ke lokasi bencana. Hal ini untuk melakukan penanganan terhadap dampak bencana yang terjadi.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA