Selasa 12 Jan 2021 12:09 WIB

4 Pertimbangan Sebelum Membeli Air Purifier

Air purifier dapat membantu orang mendapatkan udara yang lebih jernih.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Air purifier dapat membantu orang mendapatkan udara yang lebih jernih.
Foto: Uberzigmo
Air purifier dapat membantu orang mendapatkan udara yang lebih jernih.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dengan meningkatnya tingkat polusi, penjernih udara telah menjadi kebutuhan, khususnya bagi kaum urban saat ini. Di tengah pekerjaan konstruksi, udara kotor yang berasal dari kendaraan dan pabrik, lalu adanya transmisi aerosol dari virus corona, air purifier pun dianggap dapat membantu orang mendapatkan udara yang lebih jernih.

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat hendak membeli penjernih udara. Pastikan pilih alat yang berkualitas baik untuk membersihkan udara dalam ruangan.

Baca Juga

Berikut tips dari Anshul K Sharma, wakil presiden penelitian & pengembangan Log 9 Material, dikutip dari Indian Express.

1. Fungsi penjernih udara

Cara terbaik untuk menilai keefektifan alat penjernih udara adalah mencermati lamanya waktu yang dibutuhkan untuk memurnikan udara.

“Penjernih udara juga membantu mengatasi alergi, menghilangkan asap kimiawi di pabrik, serta menghilangkan bau dan bulu hewan peliharaan yang dapat menyebabkan alergi,” kata Sharma.

Faktor-faktor itu dapat membantu menentukan jenis pembersih udara yang dibutuhkan. Pilih filter khusus pembersih udara yang sesuai untuk penggunaan.

2. Ukuran ruangan

Semakin besar ruangan, semakin besar pula alat penjernih udaranya.

Kinerja alat pembersih udara juga harus dipertimbangkan. Ini mengacu pada berapa kali pembersih udara dapat menyaring seluruh volume udara di dalam ruangan setiap jam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement