Selasa 12 Jan 2021 10:56 WIB

Guru Ditantang Kreatif di Tengah Corona

Sistem pembelajaran daring tidak mengurangi kualitas dan produktivitas Nurul Fikri

Guru dituntut kreatif menghadapi pembelajaran di masa pandemi.
Foto:

Untuk memaksimalkan pemanfaatan aplikasi tersebut maka frekuensi penggunaan oleh para guru distandarkan, yaitu aplikasi Flipgrid digunakan minimal satu kali per semester sedangkan Pear Deck, Padlet, dan Edpuzzle dipakai dua kali per semester.

Selama raker kemarin para guru diberi pelatihan penggunaan keempat aplikasi learning tools tersebut. "Adapun tahapan yang dilakukan untuk melancarkan implementasinya adalah pertama tahapan kajian aplikasi oleh tim pengembang media pembelajaran, kedua pelatihan untuk para fasilitator yang akan melakukan pengimbasan kepada para guru, ketiga pelatihan kepada para guru dan keempat diseminasi kepada siswa kelas tinggi dan orang tua kelas rendah diawal masuk semester genap secara online," terang Joko.

Selain pelatihan, SIT Nurul Fikri juga menggelar seminar online learning berkualitas untuk para guru dengan menghadirkan narasumber Cepi Riyana, dosen Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sekaligus Direktur Sistem Teknologi Informasi UPI.

"Tujuan dari seminar ini adalah agar para guru mendapatkan wawasan yang utuh dan jelas mengenai pembelajaran online yang berkualitas," tandas Joko. Setelah itu para guru diberikan pelatihan penggunaaan aplikasi pembelajaran online dan raker ditutup dengan penyusunan perencanaan dan materi pembelajaran online.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement