Monday, 17 Rajab 1442 / 01 March 2021

Monday, 17 Rajab 1442 / 01 March 2021

LG akan Rilis Ponsel Gulung Tahun Ini?

Selasa 12 Jan 2021 10:53 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Tangkapan layar ponsel gulung LG.

Tangkapan layar ponsel gulung LG.

Foto: cnet
Konsep ponsel gulung LG muncul di CES 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- LG menggoda pengunjung Consumer Electronic SHow (CES) dengan memamerkan video smartphone Rollable-nya atau ponsel gulung. Menurut orang-orang yang mengetahui rencana LG, perusahaan Korea itu akan merilis ponsel tersebut akhir tahun ini.

Sekilas ponselmemiliki tampilan yang memanjang ke atas untuk menciptakan layar yang lebih besar dan lebih mirip tablet. Agaknya, bagian bawah ponsel, saat dalam mode lanskap, memiliki mekanisme menggulung dan membentangkan layar, mirip dengan cara kerja televisi OLED yang dapat digulung-tetapi dalam skala yang lebih kecil.

LG Rollable hanya muncul di dua video di konferensi pers. Para eksekutif di atas panggung tidak menyebutkan perangkat tersebut. Itu menimbulkan spekulasi bahwa itu hanya perangkat konsep.

TCL pada Senin (11/1) malam, dilansir dari CNET, Selasa (12/1), memamerkan dua konsep untuk ponsel yang dapat digulung, termasuk tablet 17 inci yang lebih besar yang terbentang dari kedua ujungnya, tetapi tampaknya jauh dari produk sebenarnya.

Tidak demikian halnya dengan LG Rollable. Ponsel ini akan menjadi perangkat pertama yang memasuki pasar. Jika sudah hadir ke pasar, produk ini menandai langkah lain dalam evolusi desain ponsel bahkan melebihi ponsel lipat yang telah dirilis selama dua tahun terakhir.

Setelah bertahun-tahun mendorong desain kotak logam yang sama, industri telepon ingin bereksperimen dengan berbagai bentuk dan konsep untuk memicu rasa senang lagi.

Selama bertahun-tahun menggunakan ponsel konservatif, LG telah menunjukkan minta baru untuk bermain-main dengan konsep yang berbeda. Musim gugur lalu, perusahaan meluncurkan LG Wing, yang menampilkan dua layar yang ditumpuk bersama, dengan bagian atas dapat diputar ke mode horizontal.

Setelah menjadi pemain utama di antara pembuat smartphone papan atas, reputasi LG, terutama dengan ponsel andalan karena pemain yang lebih besar, seperti Samsung dan Huawei telah menyusulnya. Perusahaan yang lebih kecil seperti OnePlus telah mampu menghasilkan lebih banyak perhatian, sehingga LG membutuhkan sesuatu untuk memulai kegembiraan atas jajaran ponselnya.

LG juga terus-menerus mengikuti saingan yang lebih besar Samsung, yang telah mengokohkan dirinya dalam kategori lipat dengan keluar smartphone Z-nya. Tahun lalu, Samsung meluncurkan Galaxy Z Flip dan Galaxy Z Fold 2.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA