Wednesday, 14 Rabiul Awwal 1443 / 20 October 2021

Wednesday, 14 Rabiul Awwal 1443 / 20 October 2021

Respons Kaum Nabi Ibrahim Ditanya Alasan Sembah Berhala  

Selasa 12 Jan 2021 09:26 WIB

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Nashih Nashrullah

Nabi Ibrahim bertanya ke kaumnya alasan menyembah berhala. Ilustrasi kaum Nabi Ibrahim

Nabi Ibrahim bertanya ke kaumnya alasan menyembah berhala. Ilustrasi kaum Nabi Ibrahim

Foto: Google.com
Nabi Ibrahim bertanya ke kaumnya alasan menyembah berhala

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Ibrahim adalah nabi ke-6 dalam Islam dan Ia bergelar Khalilullah (Kesayangan Allah SWT). Hal ini termaktub dalam QS An-Nisaa’ ayat 125: 

وَمَنْ أَحْسَنُ دِينًا مِمَّنْ أَسْلَمَ وَجْهَهُ لِلَّهِ وَهُوَ مُحْسِنٌ وَاتَّبَعَ مِلَّةَ إِبْرَاهِيمَ حَنِيفًا ۗ وَاتَّخَذَ اللَّهُ إِبْرَاهِيمَ خَلِيلًا  "Dan siapakah yang lebih baik agamanya dari pada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang diapun mengerjakan kebaikan, dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus? dan Allah mengambil Ibrahim menjadi kesayanganNya."

Baca Juga

Ketika berada di Bait al-Maqdis, Ibrahim berdakwah kepada kaumnya agar menyembah Allah SWT di tengah masyarakat yang saat itu menyembah patung berhala. 

Patung berhala tersebut diproduksi ayahnya sendiri yaitu Azar. Masyarakat memiliki bermacam-macam patung untuk disembah, di antaranya patung personifikasi rasi bintang-bintang di langit. 

Keadaan seperti inilah yang menyemangati beliau mengajak kaumnya agar bertauhid kepada Allah SWT. Tetapi kaumnya tetap membangkang dan terus menyembah patung-patung yang diciptakan sendiri, sebagaimana firman Allah SWT dalam QS Al-Anbiya ayat 52: 

إِذْ قَالَ لِأَبِيهِ وَقَوْمِهِ مَا هَٰذِهِ التَّمَاثِيلُ الَّتِي أَنْتُمْ لَهَا عَاكِفُونَ "(ingatlah), ketika Ibrahim berkata kepada bapaknya dan kaumnya: "Patung-patung apakah ini yang kamu tekun beribadat kepadanya?" (QS  Al-Anbiya: 52).

Tatkala Ibrahim mempertanyakan itu kepada kaumnya, tidak ada yang bisa menjawab. Mereka terus dan tetap menyembah berhala karena itu sudah menjadi tradisi turun-temurun dari nenek moyang mereka. Inilah yang diabadikan dalam firman Allah SWT:  

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA