Selasa 12 Jan 2021 08:21 WIB

9 Rumah Terbakar di Kawasan Padat Penduduk Jatinegara

Kebakaran akibat korsleting listrik itu membuat 26 jiwa kehilangan tempat tinggal.

Rep: Febryan A/ Red: Esthi Maharani
Petugas pemadam kebakaran
Foto: Republika/Thoudy Badai
Petugas pemadam kebakaran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak sembilan rumah hangus terbakar di kawasan padat penduduk di Jalan Bidara Cina, Kelurahan Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur (Jaktim), Senin (11/1) malam. Kebakaran akibat korsleting listrik itu membuat 26 jiwa kehilangan tempat tinggal.

"Objek Terbakar adalah rumah tinggal padat hunian di RT 07 dan RT 10 Kelurahan Bidara Cina. Jumlahnya 6 rumah dan 3 kontrakan," kata Kasi Pengendalian Kebakaran dan Penyelamatan, Sudin Gulkarmat Jaktim, Gatot Sulaeman, ketika dikonfirmasi, Selasa (12/1).

Akibat kejadian itu, kata Gatot, sebanyak 26 jiwa yang tergabung dalam sembilan kepala keluarga (KK) kehilangan tempat tinggal.  Sedangkan terkait korban jiwa maupun korban luka belum ada laporan hingga saat ini.

Terkait kerugian materiil, lanjut Gatot, hingga kini masih dalam proses penyelidikan. Adapun total luas area yang terbakar sekitar 300 meter persegi.

Gatot menjelaskan, kebakaran itu berawal dari korsleting listrik di rumah salah satu warga bernama Fahrurozi. Pria 50 tahun itu terbangun dari tidur saat api sudah membesar di lantai dua rumahnya yang berlokasi di RT 10. "Dia langsung keluar dan teriak kebakaran sambil menyelamatkan diri," kata Gatot.

Adapun petugas pemadam kebakaran menerima laporan kebakaran itu pukul 22.43 WIB. Lantas, sebanyak 15 unit mobil pemadam serta 75 personel dikerahkan untuk memadamkan api.

"Proses pemadaman sempat terkendala karena sulitnya akses masuk gang sempit," kata Gatot. Adapun pemadaman rampung sekitar dua jam usai laporan diterima atau tepatnya pada Selasa (12/1) pukul 00.43 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement